5 Kematian Jagoan Paling Heroik di Layar Lebar!

Terkadang tidak semua jagoan memiliki akhir cerita yang sesuai harapan. Atas tuntutan cerita, ada kalanya mereka harus berkorban demi tujuan yang lebih mulia. 

5 Kematian Jagoan Paling Heroik di Layar Lebar!

Warta.com - Sebagaimana karakter jagoan di film, pasti para fans akan berharap agar sang protagonis mendapatkan happy ending. Sudah mengikuti perjuangan  para pemeran utama dari awal berjalannya film, pasti ada keinginan untuk menyaksikan mereka mendapatkan akhir yang menyenangkan.

Namun sayang, terkadang tidak semua jagoan memiliki akhir cerita yang sesuai harapan. Atas tuntutan cerita, ada kalanya mereka harus berkorban demi tujuan yang lebih mulia. 

Berikut adalah sedikit insight tentang 5 kematian paling heroik di film. Yuk, simak di bawah.

Maximus - Gladiator (2000)

Tidak terasam film karya Ridley Scott ini sudah hampir berumur dua dekade. Rilis pada 2000 lalu, judul keluaran Universal Pictures ini menceritakan bagaimana perjuangan Maximus (Russel Crowe) dalam misi pembalasan dendam atas kematian keluarganya.

Dimotivasi oleh rasa ingin membalas rasa sakit yang telah ia terima, Maximus menjadi gladiator lalu akhirnya bertarung dengan Commodus (Joaquin Phoenix), anak dari Kaisar Marcus, sosok yang menjadi target utama pembalasan dendamnya.

Walau sempat dicurangi dan ditusuk oleh pisau yang tersembunyi, Maximus tetap mampu membunuh Commodus. Sang jagoan akhirnya gugur karena luka yang diterima dan kemudian dapat berkumpul kembali dengan keluarganya di alam baka.

William Wallace - Braveheart (1995)

Lagi karena dibakar amarah dan dendam karena sahabat masa kecil yang sekaligus istrinya, Murron MacClannough (Catherine McCormack) dieksekusi diwajah publik karena dianggap pembelot, William Wallace (Mel Gibson) memimpin pasukan untuk melakukan pemberontakan terhadap tirani kerajaan Britania Raya.

Makin lama, Pasukan Wallace semakin banyak dan membuat kedaulatan Inggris terancam. Sepanjang film, kalian akan terpana dengan karakter Wallace yang tegas, namun memiliki sisi yang soft. Tidak bukan, motivasi dari pemberontakan tersebut adalah rasa cinta. 

Akhirnya, pemimpin bangsa Skotlandia ini ditangkap dalam sebuah skema licik. Di hadapan umum, sang jagoan disiksa dan mengerang kesakitan karena organ dalamnya dicabik-cabik. Menjelang akhir hidupnya, Wallace meneriakkan kata "Freedom!" yang membakar semangat kawan seperjuangannya.

V - V for Vendetta (2005)

Masih kental dalam nuansa perjuangan, film karya James McTeigue ini menceritakan kondisi Inggris yang mengenaskan di bawah rezim fasis pimpinan Adam Sutler (John Hurt). Di bayang-bayang kegelapan Inggris, muncul sosok V (Hugo Weaving) yang bertekad untuk menjadi simbol perlawanan rakyat jelata.

Bersama Evey ( Natalie Portman), V berjuang mengembalikan semangat rakyat demi hidup yang bebas dari belenggu tirani rezim yang semena-mena. Ternyata, V adalah seorang korban dari uji coba senjata biologis terlarang.

Pada ujungnya, V bisa memotivasi gerakan pemberontakan setelah berhasil menghancurkan gedung parlemen dengan ledakan. Nahas, sang jagoan harus meregang nyawa dalam misi itu.

Tony Stark - Avengers: Endgame (2019)

Masih terbayang di ingatan, bagaiman perjalanan Tony Stark (Robert Downey Jr.) selama sebelas tahun di MCU menemui ujung perjalanan di Avengers: Endgame. Demi mengalahkan Thanos dan memberikan kehidupan yang semestinya kepada Potts (Gwyneth Paltrow) dan Morgana (Lexi Rabe), Iron Man harus berkorban nyawa.

Berhasil mencuri infinity stone dari tangan Thanos, tanpa ragu, Tony menjentikkan jarinya dan membuat Thanos beserta pasukannya lenyap menjadi debu. Momen ini sekaligus menjadi penutup dari Infinity Saga yang sudah dibangun dari 21 film Marvel sebelumnya.

Ben - Seven Pounds (2008)

Merenggut tujuh nyawa dari orang yang tidak bersalah karena kesalahannya saat mengemudikan mobil, Ben menjalani hidup yang dihantui perasaan bersalah. Demi menebus dosa besarnya, Ben mengumpulkan tujuh orang 'target' penebusan dosanya.

Setelah memantapkan hati, Ben mengakhiri hidup dengan cara berendam bersama ubur-ubur kotak yang memiliki sengatan mematikan, Setelahnya Ben mewariskan semua harta dan beberapa bagian organ tubuhnya kepada tujuh orang target penebusan dosanya.