Antisipasi Pendemo, Polisi Perketat Pengamanan di Gedung DPR/MPR RI

Menjelang aksi demo mahasiswa hari ini, polisi memperketat pengaman dengan memasang kawat berduri di depan gerbang Gedung DPR/MPR RI, Senin (30/9/19).

Antisipasi Pendemo, Polisi Perketat Pengamanan di Gedung DPR/MPR RI

Warta.com - menjelang aksi demo mahasiswa hari ini, polisi memperketat pengamanan dengan memasang kawat berduri di depan gerbang Gedung DPR/MPR RI, Senin (30/9/19).

Polisi menutup jalan Gatot Subroto menuju Gedung DPR/MPR RI serta dari arah Semanggi maupun dari arah Slipi.

Dua lapisan separator dan kawat duri dipasang selebar jalan Gatot Subroto, selain itu di jalur setelah Komplek Parlemen senayan, tepatnya sebelum flyover menuju slipi. Dua lapis separator dan kawat berduri dipasang menutupi seluruh jalan, dengan penutupan tersebut, pendemo akan kesulitan menuju depan DPR.

Hingga saat ini, ribuan polisi sedang melakukan persiapan untuk pengamanan hari ini.

Kabarnya, Presiden Mahasiswa Trisakti, Dinno Ardiansyah mengatakan, Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia akan melanjutkan aksi demonya pada hari ini di depan Gedung DPR. 

“Memang, ini lagi proses konsolidasi untuk kawan-kawan BEM Aliansi Mahasiswa Seluruh Indonesia kita lagi proses konsolidasi untuk tanggal 30 akan seperti apa, apakah turun aksi ke DPR atau ada cara lainnya,” ujar Dinno 

Demo hari ini bertepatan dengan Sidang Paripurna DPR periode 2014-2019 yang  berlangsung hari ini pukul 10.00 WIB di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan. Sidang ini mengagendakan laporan pimpinan Panitia Khusus (Pansus) DPR terkait hasil kajian pemerintah atas pemindahan ibu kota negara. Selain itu juga diagendakan pembahasan tingkat II atau pengambilan keputusan terhadap RUU tentang perkoperasian. 

Maka dari itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerapkan rekayasa lalu lintas disekitaran Senayan sebagai antisipasi demo.

Berikut rekayasa lalu lintas yang diterapkan Ditlantas Polda Metro Jaya adalah:

1. Jalan Tentara Pelajar dari arah Manggala Wanabakti di Traffic Light Palmerah diluruskan ke Permata Hijau dan Kebayoran Lama dan belok kiri ditutup.

2. Jalan Gerbang Pemuda yang arah ke kiri ditutup, dibelokkan ke kiri ke arah Jalan Asia Afrika ke Jalan Senayan dan Jalan Pakubuono.

3. Jalan Tentara Pelajar pojok Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto ditutup untuk mencegah lawan arus dan putar balik kendaraan.

4. Jalan Gerbang pemuda yang arah ke kiri ke Jalan Gatot Subroto ditutup, diputar balik ke Gerbang Pemuda di kolong Ladokgi atau lurus ke Jalan Gatot Subroto arah timur atau ke Bendungan Hilir.

5. Jalan Asia Afrika ke barat bisa lurus ke Jalan Tentara Pelajar atau ke arah Jalan Gerbang Pemuda lalu putar balik di bawah Ladokgi.

6. Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke Slipi ditutup di bawah fly over Ladokgi, diarahkan ke Gerbang Pemuda.