Berikut Cara Hapus Otomatis Youtube History

Youtube kini mengadirkan fitur untuk meningkatkan keamanan data bagi penggunanya. Fitur tersebut memudahkan pengguna untuk menghapus beragam riwayat pencarian secara otomatis.

Berikut Cara Hapus Otomatis Youtube History

Warta.com - Youtube kini mengadirkan fitur untuk meningkatkan keamanan data bagi penggunanya. Fitur tersebut memudahkan pengguna untuk menghapus beragam riwayat pencarian secara otomatis.

Dilansir dari Phone Arena, Kamis (3/10), fitur yang dinamain Auto-deleted yang beberaoa waktu lalu sudah diperkenalkan pada platform Google pada bulan mei, dimana pemilik akun diberikan 3 pilihan untuk mengatur penyimpanan data.

Pengguna kini bisa menghapus secara manual atau mengaturnya dengan waktu dari 3 bulan hingga 18 bulan.

Sesuai dengan nama, fitur ini setelah waktu penyimpanan berakhir maka akan secara otomatis data pengguna terhapus. Pihak Google pun mengkonfrimasi selain hadir di aplikasi youtube, mereka akan membawa fitur ini ke semua produknya.

Fitur ini semestinya sudah ada di semua perangkat iOS dan Android, sayangnya masih butuh waktu untuk muncul di semua perangkat.

Untuk mengatur akun YouTube Anda secara otomatis menghapus riwayat, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka kontrol Aktivitas untuk riwayat YouTube Anda.  Atau, Anda dapat memulai dari halaman akun Google utama Anda. Temukan dan klik pada tab Data & personalisasi>Riwayat YouTube>Kelola aktivitas.
  • Di bawah Riwayat YouTube, Anda akan melihat dua kotak. Kotak di sebelah kanan menginformasikan kapan riwayat menonton dan penelusuran YouTube Anda akan dihapus. Klik tepat di bawah kotak itu pada tautan bertuliskan "Pilih untuk menghapus secara otomatis."
  • Anda dapat memilih agar Google menghapus riwayat YouTube Anda setelah tiga bulan atau setelah 18 bulan. Klik opsi yang Anda inginkan. 

  • Konfirmasikan preferensi Anda. Google akan memberi tahu Anda pada titik ini jika Anda memiliki sesuatu yang akan segera dihapus (karena ini lebih dari tiga atau 18 bulan).