Cuitan Akun Bot dan Manusia di Twitter, Ini perbedaanya

Masyarakat sekarang memilih Twitter menjadi platform penyedia informasi untuk digunakan sehari-hari.

Cuitan Akun Bot dan Manusia di Twitter, Ini perbedaanya

Warta.com - Masyarakat sekarang kini memilih Twitter menjadi platform penyedia informasi untuk digunakan sehari-hari. Informasi apapun begitu cepat di dapatkan melalui Twitter,  sehingga kecil kemungkinan kita tidak akan ketinggalan apapun yang sedang ramai dibicarakan.

Namun, pengguna Twitter perlu berhati-hati. Sebab, bisa saja kita tidak benar-benar berinteraksi dengan manusia melainkan bot. atau mungkin saja informasi yang didapat itu tidak benar dan berasal dari bot.

Kehadiran bot sering kali disalahgunakan oleh pemilik akun untuk mengontrol opini publik di Twitter yang terkadang membawa masalah. Karena informasinya di dapat secara otomatis dan masif.

Twitter Indonesia memberikan satu saran sederhana untuk pengguna membedakan akun bot dan manusia. Pengguna Twitter bisa melihat dari aplikasi apa yang digunakan untuk memposting twit mereka.

“Bisa dilihat, kalau buka Twitter. Di situ bisa terlihat Twitter for Android atau for iOS. Artinya itu adalah apliksi twitter yang resmi. Nah diluar itu bisa jadi memang ada (bot),” ungkap Dwi Andriansah, Country Industry Head Twitter Indonesia

“Kita sebagai platform juga berusaha untuk lebih transparan. Coba buka satu tweet, disitu nanti akan muncul Twitter for Android misalnya. Zaman dulu kita kan enggak tahu tweet dari akun bot apa gitu, engga ketahuan. Kita salah satu bentuk transparasinya adalah untuk bisa memastikan bahkan kita sebagai pengguna biasa melihat orang itu nge-tweet dari mana sih handphone apa,” tambahnya

Selain itu, untuk pengguna web biasanya aka nada keterangan “Twitter Web App” dalam tweetnya.

Untuk membedakan tweet itu manusia asli atau bot bisa mengidentifikaisnya dengan aplikasi apa yang digunakan. Hanya saja, persoalannya akan jadi rumit karena manusia asli terkadang juga memakai aplikasi lain.

Dwi pun menambahkan pengguna perlu lebih teliti dalam menentukan apakah tweet di posting oleh bot atau bukan. Menurutnya, terkadang bot tidak selalu negatif.