Data Update 30 Maret, Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Jakarta

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan, I Laksamana TNI Yudo Margono mengungkapkan data pasien yang di rawat di Rumah Sakit Darurat, Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat

Data Update 30 Maret, Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Jakarta

Warta.com - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan, I Laksamana TNI Yudo Margono mengungkapkan data pasien yang di rawat di Rumah Sakit Darurat, Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat tercatat ada 411 orang yang dirawat hingga Senin, (30/3/20). 

"Jumlah pasien 411 orang terdiri dari 252 pasien pria dan 169 pasien wanita," ujar Panglima Komando Yudo Margono. 

"Positif virus corona 92 orang, PDP 230 orang, dan ODP 89 orang," tambahnya. 

Seperti diketahui, rumah sakit darurat ini bisa menampung kurang lebih dari 2.500 pasien. 

Ada sebagian gedung sudah diubah menjadi tempat perawatan pasien Covid-19. Untuk Tower 6 dan 7 dilengkapi peralatan seperti laboratoriun dan ruang radiologi, ruang isolasi (ICU dan non ICU). 

Dalam pelaksanaannya, Rumah Sakit Darurat Covid-19 ini dibagi menjadi 3 zona. Zona Hijau adalah Tower 1 yang diisi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Namun zona ini hanya orang yang berkepentingan yang dapat memasuki daerah ini seperti, pihak TNI, Polri, BNPB dan kelompok relawan. 

Selanjutnya, Zona Kuning adalah Tower 3 yang diisi oleh Dokter dan Petugas Medis. 

Ketiga Zona Merah yaitu Tower 6-7 yang merupakan Rumah Sakit Darurat penanganan Virus corina. Sehingga yang diperbolehkan masuk ke zona ini hanya petugas yang menggunakan APD lengkap. 

Selain itu, data pemerintah untuk skala nasional menunjukan pasien positif Covid-19 di indonesia per Minggu (29/3/20) menjadi 1.285 kasus. 

Dengan data 64 pasien dinyatakan sembuh dan pasien yang meninggal bertambah sebanyak 12 orang menjadi 114 orang.