Diprediksi Puncak Arus Balik ke Jakarta Sampai 31 Mei

Puncak arus balik pemudik menuju Jakarta diyakini belum selesai. Bahkan puncaknya akan meningkat di akhir pekan ini. Bersamaan dengan akhir pekan dan berakhirnya larangan mudik.

Diprediksi Puncak Arus Balik ke Jakarta Sampai 31 Mei

Warta.com - Puncak arus balik pemudik menuju Jakarta diyakini belum selesai. Bahkan puncaknya akan meningkat di akhir pekan ini. Bersamaan dengan akhir pekan dan berakhirnya larangan mudik.

Sejak H+2 lebaran, Polda metro jaya telah mencatat ratusan ribu lebih kendaraan menuju Jakarta. Sebagian besar kendaraan itu diputar balik karena tidak memenuhi syarat untuk bisa masuk ke Jakarta. 

Puncak arus balik diprediksi akan mencapai puncak pada akhir pekan nanti, sehingga jumlah pemudik yang menuju jakarta akan terus bertambah. 

Kementerian Perhubungan memprediksi gelombang arus balik terjadi 31 Mei. Sebab, 31 Mei adalah batas akhir larang mudik yang terisi dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomer 25 tahun 2020 tentang pengendalian transportasi selama masa mudi Idul fitri 1441 H dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona. 

Selain itu, prediksi arus balik meningkat di akhir pekan ini karena bersamaan dengan rencana pemberhentian PSBB di Jakarta. 

Walaupun priode pengendalian transportasi yang ada dalam Peraturan Menteri Nomoer 25 Tahun 2020 berakhir pada 31 Mei, Tapi Operasi Ketupat akan terus dilaksanakan hingga 7 Juni. 

"Untuk mengantisipasi arus balik ini bobol, keluar SE Gugus Tugas Nomer 5 Tahun 2020 dari BNBP dan kemudian Kaporli sudah menginstruksikan operasi ketupat hingga 7 Juni untuk pemudik yang lolos pulang kampung tanpa izin," ujar Edi