Fakhri Husaini Menganggap Buruknya Timnas Indonesia Bukan Sepenuhnya Salah PSSI

Mantan pelatih Tim Nasional U-19 Indonesia, Fakhri Husaini mengganggap bahwa prestasi buruk sepak bila nasional tidak menjadi tanggung jawab PSSI sepenuhnya. 

Fakhri Husaini Menganggap Buruknya Timnas Indonesia Bukan Sepenuhnya Salah PSSI

Warta.com - Mantan pelatih Tim Nasional U-19 Indonesia, Fakhri Husaini mengganggap bahwa prestasi buruk sepak bila nasional tidak menjadi tanggung jawab PSSI sepenuhnya. 

Dalam sepuluh tahun terakhir, timnas Indonesia terus mengalami penurunan dari segi prestasi. 

Seperti diketahui, timnas Indonesia saat ini berada di peringkat ke-173 dalam rangking FIFA. 

Peringkat tersebut turun setelah mendapatkan lima kekalahan dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Ditambah, timnas Indonesia kalah bersaing dengan rival-rivalnya di Asia Tenggara. Saat ini, timnas lain seperti Malaysia, Vietnam, dan thailand bisa lebih mudah mengalahkan tim Garuda. 

Fakhri menilai wajah sepak bola indonesia kini dibentuk juga oleh bagian-bagian yang terlibat di seluruh lini sepak bola Indonesia. 

"Sepak bola itu tidak sepenuhnya jadi beban PSSI," ujar Fakhri. 

"Kalau bicara sepak bola, seluruh stakeholder itu harus ikut bertanggung jawab terhadap prestasi sepak bola nasional. Stakeholder sepak bola itu siapa aja. ya pemerintah, wasit, termasuk suporter juga," tambahnya 

Mantan pelatih timnas U-19 Indonesia berpendapat dalam pelaksanaan sepak bola di Indonesia, hasil pertandingan bukan ditentukan hanya dengan pertarungan 11 versus 11 pemain di tengah lapangan. 

"pertanyaan saya apakah liga kita sudah mampu melahirkan kompetisi yang hasil pertandingan tidak ditentukan oleh faktor lain selain 11 pemain yang bertanding," 

Fakhri menyebutkan satu kasus yang sering terjadi di Indonesia, yaitu banyak tim di Indonesia yang hanya jago kandang. 

Hal tersebut membuat tim seakan mendapatkan jaminan kemenangan ketika pertandingan di markas sendiri, namun tidak bisa menunjukan kualitas ketika sedang berkunjung ke kandang lawan.