Connect with us

Featured

3 Fakta Paskah yang Harus Kamu Ketahui

Published

on

fakta paskah

Siapa sangka ternyata fakta Paskah berikut ini jarang diketahui banyak orang. Berbeda dengan Hari Natal yang selalu jatuh pada tanggal 25 Desember, perayaan Hari Raya Paskah ternyata berubah setiap tahunnya.

Identik dengan pernak-pernik serba kelinci dan acara lomba mencari telur, banyak segudang fakta paskah lainnya yang menarik untuk diketahui. Lalu, apa saja faktanya?

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari laman Pop Mama, berikut adalah ulasannya:

Baca Juga:

Fakta paskah: Perayaan kebangkitan Yesus Kristus

Ilustrasi (Unsplash/Alicia Quan)

Paskah merupakan suatu perayaan untuk kebangkitan Yesus Kristus bagi umat kristiani. Selain itu, paskah juga menjadi penanda peristiwa Yesus disalibkan, mati, dikuburkan lalu bangkit pada hari ketiga, yaitu hari minggu paskah.

Perayaan Paskah berubah tiap tahun

Ilustrasi (Unsplash/Estée Janssens)

Fakta paskah berikutnya adalah perayaan Hari Raya Paskah selalu berubah-ubah tiap tahunnya. Hal tersebut terjadi karena Paskah jatuh pada hari minggu pertama setelah bulan purnama atau setelah titik balik musim semi, yang berarti terjadi di antara tanggal 22 Maret dan 25 April.

Identik dengan kelinci dan telur

Ilustrasi (Unsplash/Eric Heininger)

Fakta Paskah yang terakhir adalah perayaan Hari Raya Paskah selalu identik dengan kelinci ataupun telur. Hal tersebut dikarenakan kelinci merupakan hewan yang mudah sekali untuk berkembang biak.

Baik kelinci dan juga telur merupakan lambing kelahiran baru atau kehidupan baru bagi umat Kristiani.

Featured

Beragam Manfaat Buah Apel: Rawat Jantung Hingga Menurunkan Kolesterol

Published

on

By

Manfaat buah apel

Mengonsumsi buah-buahan adalah hal yang baik untuk kesehatan, itu bukan rahasia lagi. Tak terkecuali apel, beragam manfaat buah apel yang berguna untuk kesehatan.

Apel merupakan salah satu buah yang paling mudah untuk didapatkan. Mulai dari supermarket hingga tukang sayur, kita bisa menemukan buah merah yang rasanya manis-asam ini.

Apel memiliki banyak kandungan yang bergizi di dalamnya,s eperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, potassium, hingga berbagai vitamin.

Tak ayal, mengonsumsi buah merah ini merupakan satu hal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat buah apel untuk kesehatan? Simak pembahasan berikut ini.

Baca Juga:

Lima manfaat buah apel untuk kesehatan

1. Merawat kesehatan jantung

Salah satu khasiat utama dari apel adalah menurunkan risiko penyakit jantung karena apel merupakan sumber polifenol dan serat, sebagaimana temuan Athanasios Koutsos, dkk. dalam jurnal Nutrients.

Temuan lain oleh Experimental Biology pada 2011 mendukung fakta ini. Bahwa mengonsumsi satu atau dua buah apel setiap harinya akan menurunkan faktor risiko penyakit jantung.

Image: T1 Everyday Magic

2. Mengandung antioksidan

Dengan kekayaannya akan polifenol, maka apel menciptakan banyak antioksidan yang berguna untuk tubuh kita menangkal radikal bebas, sebagaimana temuan Josephine Kschonsek, dkk.

Polifenol mampu untuk mencegah bahkan membalikkan kerusakan pada sel-sel yang terjadi karena penuaan, lingkungan, dan juga gaya hidup yang buruk.

3. Menurunkan berat badan

Image: Ideaskills

Jika Anda sedang diet, pertimbangkan untuk menyertakan apel sebagai makanan yang dikonsumsi secara teratur karena menurut studi Julie E. Flood-Obbagy, mengonsumsi buah ini sebelum makan akan mengurangi asupan kalori hingga 15 persen.

Itu karena apel memiliki serat yang tinggi dan menyebabkan perut terasa kenyang lebih lama.

4. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah tetap di kisaran normal adalah pekerjaan utama kita untuk terhindar dari berbagai penyakit kronis di masa depan.

Menurut studi dari University of Illinois, serat yang ada pada apel akan mencegah bertumpuknya kolesterol di dinding pembuluh darah.

5. Mencegah diabetes

Kandungan flavonoid dalam apel akan berfungsi sebagai pelindung kerusakan pada pankreas, yang merupakan organ produsen insulin. Insulin diperlukan dalam mengontrol kadar gula darah, yang jika berlebihan akan menyebabkan diabetes.

Fakta yang ditemukan oleh Journal of the American College of Nutrition mengatakan bahwa orang yang makan apel satu atau lebih dalam sehari punya risiko kena diabetes tipe 2 lebih rendah sebesar 28 persen dibanding yang tidak makan sama sekali.

Continue Reading

Featured

Mengenal Banyak Tipe Nike Air Jordan, Sepatu Basket Penuh Gaya!

Published

on

By

Tipe Nike Air Jordan

Air Jordan pada awalnya diperkenalkan sebagai sepatu basket, namun dalam perkembangannya, banyak tipe Nike Air Jordan yang digunakan sebagai bagian dari fashion.

Style Nike Air Jordan pun beragam seiring dengan perkembangan zaman. Hingga kini pada tahun 2022, setidaknya ada 36 tipe berbeda dari sepatu ini, tidak termasuk dengan perubahan warna dan juga variasi retronya.

Lewat artikel ini, mari mengenal lebih jauh tentang sepatu yang terinspirasi dari pebasket legendaris Chichago Bulls Michael Jordan ini.

Deretan tipe Nike Air Jordan terkeren

1. Air Jordan 7

Air Jordan 7 (Image: nike)

Sejak pertama kali dirilis pada tahun 1992, Air Jordan 7 telah memiliki desin yang ikonik dan menjadi dambaan banyak orang sejak Michael Jordan mengenakan model ini untuk pertama kalinya bersama The Dream Team.

Beberapa AJ7 punya elemen glow in the dark yang membuatnya lebih ciamik untuk dipakai dalam kegelapan di kerumunan.

2. Air Jordan 8

Air Jordan 8 (Image: Nike)

Perilisan Air Jordan VIII pada tahun 1993 mencapai puncak terbaru dalam karier Michael Jordan dan sepatu ini. Memiliki desain yang berani dan mewah. Air Jordan VIII sangat lekat dengan tahun 90-an, era ketika sepatu itu dilahirkan.

3. Air Jordan IV Eminem x Carhartt

Air Jordan Eminem x Carhartt (Image: Business Insider)

Ini merupakan salah satu sepatu Air Jordan rilisan terbaru. Pada 2015, Jordan bekerja sama dengan rapper Eminem dan Carhartt untuk menciptakan sebuah sepatu edisi terbatas.

Hanya ada sepuluh pasang dari sepatu ini yang beredar di dunia hingga membuat harganya fantastis.

Baca Juga:

4. Air Jordan I Black Toe

Air Jordan I (Image: Kixify)

Ini adalah sepatu Jordan yang asli. Dirilis pada tahun 1985, Air Jordan I adalah sepatu bertanda tangan Michael Jordan pertama dan satu-satunya yang memamerkan Nike Swoosh.

5. Air Jordan XI Space Jam

Air Jordan Space Jam (Image: Stockx)

Sepatu ini pernah dikenakan oleh Michael Jordan di playoff NBA tahun 1995, sebelum perilisan film Space Jam yang ternama pada tahun 1996. Namun, publik baru bisa menikmatinya pada tahun 2000.

Desainnya yang paling laku telah membuat Air Jordan XI Space Jam dirilis dalam dua kali kesempatan.

Continue Reading

Featured

Tak Cuma Fisik, Ini Manfaat Olahraga Lari untuk Mental

Published

on

By

Manfaat olahraga lari

Manfaat olahraga lari biasanya bertujuan untuk memperbaiki kondisi fisik, menjadi lebih sehat atau sekadar menjaga kebugaran.

Menurunkan berat badan misalnya, berlari adalah jalan pintas untuk membakar kalori dan karenanya, menjadi olahraga terfavorit jika seseorang ingin menguruskan badan.

Selain itu, berbagai manfaat olahraga lari lainnya juga bisa menyehatkan kondisi jantung. Peredaran darah yang lebih baik artinya kesehatan yang lebih baik secara umum.

Image: minews.id

Olahraga lari juga bisa memengaruhi peningkatan kinerkja otak, karena sirkulasi darah yang baik akan memasok oksigen yang cukup kepada otak.

Berlari secara rutin pada pagi dan sore hari juga berarti menjaga kondisi kebugaran tubuh secara menyeluruh. Karena hal ini, maka kita mungkin akan jarang mengalami sakit karena daya tahan meningkat.

Baca Juga:

Manfaat olahraga lari untuk mental

Selain fisik, faktor mental juga bisa mendapatkan keuntungan dari rutinitas yang baik dari olahraga lari. Seperti membantu untuk mengatasi depresi misalnya.

Dilansir dari kompas, saat seseorang belari maka sistem pernapasan akan bekerja dengan lebih baik dalam menerima dan mengeluarkan udara. Dengan bernapas lebih baik, maka itu akan membantu untuk menyingkirkan rasa stres dari tubuh.

Image: Beach side teen

Lebih lanjut, berolahraga lari secara rutin akan membantu Anda untuk tidur dengan lebih baik. Berlari akan membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah tepat waktu.

Dalam kondisi ini, otak akan menerima sinyal untuk beristirahat dan dengan demikian, tidur Anda akan menjadi lebih berkualitas. Bangun pun menjadi lebih segar.

Depresi biasanya berkaitan dengan kualitas tidur yang buruk. Oleh karena itu, olahraga ini adalah alasan yang lain untuk mengatasi masalah mental.

Continue Reading

Trending