Fitur Baru Mirip Instagram Stories di Luncurkan Google Photos

Google Photos baru aja menambahkan fitur yang bernama “Memories”. Fitur ini memudahkan pengguna menemukan foto kenangan yang diambil di hari yang sama setahun, dua tahun, tiga tahun atau beberapa tahun sebelumnya.

Fitur Baru Mirip Instagram Stories di Luncurkan Google Photos

Warta.com - Google Photos baru aja menambahkan fitur yang bernama “Memories”. Fitur ini memudahkan pengguna menemukan foto kenangan yang diambil di hari yang sama setahun, dua tahun, tiga tahun atau beberapa tahun sebelumnya.

Cara kerjanya mirip dengan fitur “Kenangan”di Instagram. Pasalnya, tampilan tersebut sama dengan Instagram Stories, foto masa lalu muncul di atas layar dan dibingkai lingkaran.

Dalam memilih foto kenangan, Google menggunakan Machine Learning untuk mendukung fitur tersebut.

Untuk melihat foto selanjutnya, pengguna bisa menggesernya kearah kanan, dan menggeser kearah kiri untuk mengarahkan pengguna ke foto sebelumnya. Jika ingin melihat semua foto di hari yang sama, klik titik di pojok kanan atas. Penyebaran fitur tersebut akan berlangsung pada hari ini di IOS dan Android yang dilakukan secara bertahap.

Fitur ini membedakan antara Google Photos dan media social lainnya. Pasalnya, Google menambahkan fitur ini untuk memudahkan pengguna mencetak foto kenangan atau foto lain yang tersimpan Google Photos.

Ada tiga pilihan harga cetak foto bagi pengguna yang ingin mencetak langsung melalui aplikasi, untuk ukuran 8X8 inci Google memulai dengan 19,99 dollar AS ( Rp.280.000), 11X14 inci seharga 29,99 dollar AS (Rp. 418.000), dan 16 X 20 inci seharga 44,99 dollar AS (Rp.630.000).

Dalam fitur ini Google bekerja sama dengan CVS Pharmacy dan Walmart di Amerika Serikat.untuk menyediakan jasa cetak foto. Jadi untuk pengguna yang telah memesan foto untuk dicetak bisa langsung mengambilnya di sana.

Untuk mencetak foto melalui aplikasi, pilih foto yang akan dicetak, kemudia klik ikon tiga titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih “order photo”. Pemesanan ini selama 7 – 10 hari untuk pesanan regular, dan untuk pemesanan dengan waktu cepet akan dikenakan biaya tambahan.

Selain itu, pengguna juga bisa datang langsung ke CVS Pharmacy atau Walmart, namun ukuran yang tersedia hanyalah 4X6 inci saja. Keuntungan lainnya, proses cetak jauh lebih cepat dan bisa dibawa pulang di hari yang sama.