Fitur Fingerprint Lock Terbaru Milik WhatsApp, Begini Cara Menggunakannya!

WhatsApp kini menghadirkan fitur fingerprint lock yang bisa digunakan oleh pengguna aplikasi WhatsApp secara luas.

Fitur Fingerprint Lock Terbaru Milik WhatsApp, Begini Cara Menggunakannya!

Warta.com - WhatsApp kini menghadirkan fitur fingerprint lock yang bisa digunakan oleh pengguna aplikasi WhatsApp secara luas.

fitur ini memungkinkan pengguna mengunci aplikasi WhatsApp dan hanya dapat membukanya menggunakan sidik jari, dengan catatan smartphone yang dipakai harus memiliki fitur sensor fingerprint. 

Kenyataan fitur ini untuk melindungi privasi pengguna, di mana percakapan pribadi yang hanya dilihat oleh sang pemilik ponsel. 

WhatsApp telah mengeluarkan pembaruan versi 2.19.208 melalui Play Store.

Untuk menggunakan fitur fingerprint lock di WhatsApp bisa ditemukan di menu "Privacy' yang bisa diakses di dalam menu "Account" pada pengaturan WhatsApp. 

Setelah masuk ke halaman "Privacy" pilih menu "Fingerprint lock" dan aktifkan opsi "Unclock with fingerprint"

Fitur keamanan fingerprint di WhatsApp

Sebelum mengaktifkan fitur fingerprint lock ini, pengguna harus mendaftar sidik jari terlebih dulu. 

Caranya pun hampir sama dengan menyetel pengaturan pemindai sidik jari di dalam ponsel. 

Selanjutnya, pengguna akan diminta untuk memilih fitur keamanan lain sebelum mendaftar sidik jarinya yaitu fitur keamanan pola, PIN, dan password. 

Setelah mendaftarkan yang dipilih, barulah pengguna akan diminta untuk mendaftarkan sidik jari yang akan digunakan untuk membuka WhatsApp. 

Ilustrasi langkah mengaktifkan fitur fingerprint lock WhatsApp di Android

Nantinya juga akan ada pilihan jeda waktu untuk mengunci aplikasi tersebut dan waktu yang tersedia menutup aplikasi satu menit, hingga 30 menit. 

Walaupun terkesan aman dan hanya pemiliknya saja yang bisa membuka WhatsApp, aplikasi ini tak akan meminta verifikasi sidik jari saat pengguna mengaktifkan fitur "quick replay" karena masih bisa membalas pesan lewat notifikasi sekaligus bisa menjawab panggilan WhatsApp masuk tanpa harus membuka WhatsApp dengan sidik jari.