Game Battle Royale "Fortnite" Dihapus dari Google Play dan App Store

Game battle royale "Fortnite" ciptaan Epic Games telah dihapus dari toko aplikasi Goole Playstore, setelah sebelumnya diturunkan dari App Store. 

Game Battle Royale

Warta.com - Game battle royale "Fortnite" ciptaan Epic Games telah dihapus dari toko aplikasi Goole Playstore, setelah sebelumnya diturunkan dari App Store. 

Alasan dihapuskan karena Fortnite dinilai telah melanggar aturan sistem pembayaran pada aplikasi yang telah diterapkan Google Play Store dan App Store. 

Pihak Epic Games dianggap sudah merancang mekanisme khusus bagi pengguna melakukan transaksi pembayaran yang dituding bertentangan dengan kebijakan yang berlaku. 

Dalam sebuah pernyataannya Google mengungkapkan "Kami menghapus Fortnite di Google Play Store karena telah melanggar kebijakan. Kami akan menyambut baik apabila Epic ingin berdiskusi untuk mengembalikan Fortnite ke Google Play Store,"

Disisi lain, Apple juga mengungkapkan alasan yang sama dengan dihapusnya Fortnite di toko aplikasi App Store. 

"Epic membuat metode pembayaran pada aplikasi yang bertentangan dengan Apple. Mereka telah melanggar pedoman App Store terkait pembayaran dalam aplikasi, yang berlaku untuk setiap pengembang yang menjual item atau komponen digital lainnya," kata Apple dalam pernyataannya. 

Diketahui, Google dan Apple memang mengambil pendapatan game secara keseluruhan sekitar 30 persen sementara 70 persen masuk ke para pengembang. 

"Game yang tersedia di Google Play Store dan menawarkan opsi pembelian dalam aplikasi harus mengikuti aturan dan metode pembayaran sesuai dengan kebijakan Google. Sistem kami mengambil potongan 30 persen, seperti yang diterapkan oleh Apple," tulis Google.

Pada 2018 lalu, pengguna yang memainkan Fortnite di Android harus meng-instal game tersebut melalui toko aplikasi pihak ketiga bukan dari Google Play Store. 

Namun, Akhirnya Epic Games menghadirkan Fortnite di aplikasi Google Play Store pada awal 2020.