Gempa 6,8 M Guncang Ambon.

Gempa dengan kekuatan 6.8 magnitudo menguncang Ambon, Maluku, pukul 06.46 pada Kamis (26/9).

Gempa 6,8 M Guncang Ambon.

Warta.com - Gempa dengan kekuatan 6.8 magnitudo menguncang Ambon, Maluku, pukul 06.46 pada Kamis (26/9).

BMKG memastikan Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Gempa yang berlokasi di 3.38 Lintang Selatan, 128.43 Bujur Timur, 40 kilometer Timur Laut Ambon Maluku dengan kedalaman 10 kilometer.

“semua panik, masyarakat panik, Getarannya terasa sekitar 5-10 detik,” kata Berty petugas BPBD Provinsi Maluku

Masyarakat langsung pergi mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Hal ini membuat kondisi lalu linta macet karena banyaknya masyarakat yang pergi keluar meninggalkan rumahnya menggunakan kendaraan.

Berty menjelaskan, informasi tentang gempa dan tsunami di Maluku sudah beredar sekitar 3-4 minggu lalu. kabar burung tersebut sempat membuat warga panic dan beberapa yang tinggal di pesisir mengevakuasi diri.

Selain itu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo menjelaskan “Laporan kerusakan terkini dari Pusdalops BNPB ada 1 Jembatan retak di Ambon dan 1 bangunan Universitas Pattimura rusak ringan”

Bangunan rusak akibat gempa magnitudo 6,8 mengguncang Ambon, Maluku, Kamis (26/9/2019).

Akibat gempa bumi, banyak puluhan rumah warga aras nama La Nai (64) menjadi korban meninggal dunia akibat tertimbun reruntuhan rumah saat terjadi gempa. kini jenazah sudah berhasil diamankan.

Untuk saat ini warga Kota Ambon sebagian mengungsi ke rumah kerabat terdekat.

BNPB mengatakan, pihaknya akan terus melakukan perapihan dampak pasca gempa dan sejumlah bangunan rusak akibat gempa.