Hanya Messi yang Berharga di Mata La Liga, Bukan Ronaldo Apalagi Neymar

Presiden La Liga, Javier Tebas, merasa bahwa peran Lionel Messi untuk kompetisi tertinggi di tanah Spanyol tersebut sudah begitu besar.

Hanya Messi yang Berharga di Mata La Liga, Bukan Ronaldo Apalagi Neymar

Warta.com - Presiden La Liga, Javier Tebas, merasa bahwa peran Lionel Messi untuk kompetisi tertinggi di tanah Spanyol tersebut sudah begitu besar. Bahkan melebihi dua pemain lain yang juga pernah merumput di ajang itu, Cristiano Ronaldo dan Neymar.

Nama terakhir, belakangan ini, kerap diberitakan akan kembali beraksi di Spanyol. Penggawa PSG tersebut terus dirumorkan akan bergabung dengan salah satu dari dua klub raksasa La Liga saat ini, Barcelona dan Real Madrid.

Sejauh ini, Barcelona memiliki kans yang lebih besar ketimbang rival bebuyutannya tersebut. Terlebih setelah mereka berhasil membuka ruang di lini depan dengan melepas Philippe Coutinho ke Bayern Munchen beberapa waktu lalu.

Kemungkinan Neymar kembali ke Camp Nou pun semakin besar setelah pelatih PSG, Thomas Tuchel, angkat bicara. Ia mengaku tak yakin dengan masa depan Neymar paling tidak sampai bursa transfer musim panas ini resmi ditutup.

Messi adalah Warisan La Liga

Mendengar kabar bahwa Neymar akan kembali merumput di La Liga tentu membuat Javier Tebas merasa senang. Namun ia tidak yakin penyerang asal Brasil tersebut akan memberikan kontribusi yang besar kepada kompetisi selayaknya Lionel Messi di Barcelona.

"Ya, tenut saja [saya suka Neymar kembali]. Dengan kualitasnya, dia berada di tiga besar pemain terbaik dunia. Akan sangat penting bagi La Liga jika dia datang lagi, walaupun itu takkan menjelaskan bagaimana liga Spanyol," tutur Tebas kepada Marca.

"Yang menjelaskan adalah bagaimana kami bermain selama 10 bulan tiap tahunnya, dengan 20 klub yang saling berhadapan satu sama lain, dan menghasilkan gairah serta rasa senang untuk fans di Spanyol dan seluruh dunia di tiap pekannya," lanjutnya.

"Pemain seperti Neymar akan memberikan anda pengikut dari negara yang sedang melihatnya, tapi dia bukan elemen esensial, bahkan Cristiano Ronaldo pun tidak. Di sisi lain, Lionel Messi adalah elemen yang penting karena dia adalah warisan dari La Liga," tambahnya.

Kans Neymar Kembali ke Spanyol

Namun yang menjadi masalah dari kepulangan Neymar ke Barcelona saat ini adalah regulasi dari UEFA, Financial Fair Play. Seperti yang diketahui, klub asuhan Ernesto Valverde tersebut sudah belanja gila-gilaan di sepanjang bursa transfer musim panas ini.

Dua pengeluaran terbesarnya terletak dalam pembelian Frenkie De Jong dan Antoine Griezmann. Jika dikombinasikan, kedua pemain itu sudah membuat Barcelona harus mengeluarkan total dana sebesar nyaris 200 juta euro.

Neymar pun diyakini tidak akan didapatkan dengan murah. Di tahun 2017, PSG membajaknya dari Barcelona dengan mahar 222 juta euro yang membuatnya menjadi pemain termahal di dunia saat ini. Tapi Tebas cukup yakin dengan kans Barcelona mendapatkannya.

"Bila mereka tertarik membelinya [Neymar], itu karena mereka mampu [membayarnya]. Saya takkan berbicara lebih banyak lagi soal itu karena ada banyak faktor yang kami tak ketahui pada saat ini," tandasnya.

(Goal International)