Indonesia Terkena Denda Karena Kekerasan Suporter Selama Kualifikasi Piala Dunia 2022 Melawan Malaysia

Sebagian Suporter Indonesia telah melemparkan botol, bom asap, dan suar ke pendukung Malaysia yang membuat pembuka Kualifikasi Piala Dunia terhenti sekitar 10 menit.

Indonesia Terkena Denda Karena Kekerasan Suporter Selama Kualifikasi Piala Dunia 2022 Melawan Malaysia

Warta.com - Indonesia telah ditampar dengan denda yang besar oleh FIFA karena kekerasan suporter selama pertandingan Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 melawan Malaysia pada bulan September.

 

Piala Dunia 2022 dan Joint-Qualifiers putaran kedua Piala Dunia 2022 AFC antara kedua pihak ASEAN dihentikan sementara setelah kekerasan pecah di tribun Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta pada 5 September 2019.

 

Sebagian Suporter Indonesia telah melemparkan botol, bom asap, dan suar ke pendukung Malaysia yang membuat pembuka Kualifikasi Piala Dunia terhenti sekitar 10 menit. Malaysia menghasilkan beberapa drama akhir untuk mengalahkan Indonesia 3-2 di pertandingan nanti.

 

Sidang di sekitar insiden itu terjadi pada 4 Oktober dan menurut laporan, FIFA memutuskan untuk membiarkan PSSI pergi dengan mudah hanya dengan menampar mereka dengan denda sekitar US $ 45.000 (sekitar 640 juta Rupiah Indonesia) setelah mendapati mereka melanggar Disiplin FIFA.

Keselamatan yang berkompromi selama pertandingan internasional dapat menarik sanksi termasuk larangan stadion dan memerintahkan tim nasional untuk bermain di tempat netral, tetapi komite FIFA memutuskan bahwa denda akan berlaku untuk saat ini.

 

Namun, PSSI tidak mau mengambil risiko lagi dan telah memutuskan untuk pindah Kualifikasi Piala Dunia 15 Oktober melawan Vietnam dari Stadion Bung Karno ke Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali karena masalah keamanan.