Indonesia vs Thailand – Melihat Kembali Pertandingan Sebelumnya

Indonesia vs Thailand –  Melihat Kembali Pertandingan Sebelumnya

Warta.com - Setelah mengalami kemunduran di masing-masing pembukaan, Indonesia dan Thailand akan saling berhadapan dalam pertandingan kedua Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.

 

Sementara Thailand ditahan imbang tanpa gol oleh juara AFF Suzuki Cup 2018 Vietnam di Stadion Thammasat, Indonesia mengalami kekalahan 3-2 dari finalis Piala Suzuki 2018 Malaysia dengan Mohamadou Sumareh mencetak gol kemenangan pada babak kedua di  Stadion Gelora Bung Karno pada 5 September.

 

Di putaran kedua Piala Dunia 2022 dan 2023 Kualifikasi Bersama Piala Asia AFC, Pertandingan sebelumnya antara Indonesia vs Thailand.

Indonesia 2-1 Thailand - AFF Suzuki Cup 2010 - 7 Desember 2010

 

Bryan Robson sangat membutuhkan kemenangan melawan Indonesia untuk maju ke semifinal dari babak grup AFF Suzuki Cup 2010, dan mereka berhasil menemukan celah melalui bek Chonburi FC Suree Sukha pada menit ke-68 di depan pendukung Timnas di Stadion Gelora Bung Karno. Namun, sekali lagi bukan untuk negara Thailand yang kalah di final dua edisi Kejuaraan AFF sebelumnya.

 

Pemain depan kelahiran Uruguay Cristian Gonzales memenangkan penalti untuk tuan rumah di menit ke-82 setelah melakukan pelanggaran dari Panupong Wongsa yang diambil tanpa gagal oleh Pamungkas untuk menyamakan skor. Malam itu berubah dari buruk menjadi lebih buruk bagi Panupong ketika ia kebobolan penalti lain di menit ke-87 setelah menangani bola di dalam area yang mengakibatkan wasit mengacungkan kartu merah padanya. Bambang Pamungkas tepat dari penalti mengirim kiper Thailand Sinthaweechai Hathairattanakool cara yang salah untuk menemukan gol kemenangan dan menjatuhkan Gajah Perang keluar dari kompetisi.

 

Thailand 2-0 Indonesia - AFF Suzuki Cup 2016 - 17 Desember 2016

 

Turun ke 90 menit leg kedua terakhir di Stadion Nasional Rajamangala di Bangkok tiga hari kemudian. Indonesia memiliki keunggulan satu gol untuk menahan dari leg pertama, sementara tuan rumah Thailand memiliki tujuan tandang untuk diperhitungkan jika semuanya berjalan sesuai harapan. 37 menit memasuki pertandingan. Thailand menaikkan level agregat dengan mencetak gol pembuka. Siroch Chatthong tahu sedikit Cela dari bek Indonesia Fachrudin Ariyanto rebound darinya dan masuk ke gawang sebelum jeda babak pertama.

 

Siroch akan menemukan gol keduanya malam ini, kali ini dibuat dengan baik, hanya dua menit setelah timnya memimpin 3-2 di pertandingan. Berubah menjadi pertunjukan satu orang dari Siroch ketika penyerang Ubon UMT United saat itu memenangkan penalti di kemudian hari dalam permainan yang, bagaimanapun, diselamatkan oleh kiper Kurnia Hermansyah melangkah kedepan untuk mengambilnya. Tapi itu akan dihitung sedikit karena Thailand hanya membutuhkan kemenangan 2-0 pada malam itu untuk mengangkat gelar Piala AFF kelima mereka melawan tim Indonesia yang turun menjadi 10 orang pada akhirnya setelah Muhammad Lestaluh mendapatkan kartu merah karena menembakkan bola ke arah Bangku Thailand di masa injury time babak kedua.

 

Thailand 4-2 Indonesia - AFF Suzuki Cup 2018 - 17 November 2018

 

Pertandingan sebelumnya difinal 2016 di Stadion Rajamangala, tetapi kali ini di babak grup edisi terbaru Piala Suzuki AFF. Dan pertandingan itu ternyata menjadi pertandingan yang sangat berkesan dengan dua gol berkelas dunia dan kemenangan yang pantas untuk Thailand di akhir pertandingan. Namun, Indonesia yang mengejutkan suporter Thailand ketika Zulfiandi mencetak gol jarak jauh untuk memberi Indonesia keunggulan 1-0.

 

Itulah kilas balik pertandingan antara Indonesia vs Thailand yang berlomba – lomba merebut kemenangan di piala AFF Suzuki Cup ditahun kemarin.