Joker Mengancam Pengguna Android!

Pengguna Android diminta untuk berhati-hati. pasalnya, telah ditemukan virus malware jenis trojan bernama “Joker”.

Joker Mengancam Pengguna Android!

Warta.com - Perangkat Android diminta untuk berhati-hati. pasalnya, telah ditemukan virus malware jenis trojan bernama “Joker”.

Joker adalah tipe malware yang bisa mencuri uang dengan cara berlangganan premium tanpa mengetahui korbannya. Caranya dengan menyimulasikan klik iklan, mengintip isi pesan teks di ponsel, sampai mencuri informasi perangkat dan daftar kontak.

Malware ditemukan terdapat pada aplikasi di Play Store tercatat sudah diunduh sebanyak 472.000 kali.

Analisis CSIS Aleksejs Kuprins, Joker hanya mengincar dari negara-negara tertentu, salah satunya indonesia. “calon korbannya harus menggunakan kartu sim dari salah satu negara ini,” katanya

Secara keseluruhan 37 Negara incaran, Negara lain juga menjadi sasaran Joker adalah Australia, Austria, Belgia, Brasil, Cina, Siprus, Mesir, Prancis, Jerman, Ghana, Yunani, Honduras, India, Irlandia. Italia, Kuwait, Malaysia dan Myanmar.

Selain itu joker juga menyerang pengguna Android di Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Republik Argentina, dan AS.

Sampai saat ini belum diketahui penggerak dibalik virus Joker ini. Dilihat dari kode bot, komentar, komando dan server kontrol. Transkip yang ditulis menggunakan Bahasa Mandarin.

Aleksejs Kuprins menambahkan, pihak Google telah menghapus 24 aplikasi yang berisi Malware. Apabila pengguna Android pernah memasangnya, CSIS mengingatkan untuk segera menghapusnya.

Berikut ini daftar aplikasi :

  1. Beach Camera 4.2
  2. Mini Camera 1.0.2
  3. Certain Wallpaper 1.02
  4. Reward Clean 1.1.6
  5. Age Face 1.1.2
  6. Altar Message 1.5
  7. Soby Camera 1.0.1