Kacamata Anti Radiasi Solusi Mata? Yuk Simak

Generasi saat ini semakin melek akan kemajuan teknologi, sekarang gadget menjadi hal yang tidak pernah ditinggalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kacamata Anti Radiasi Solusi Mata? Yuk Simak

Warta.com - Generasi saat ini semakin melek akan kemajuan teknologi, sekarang gadget menjadi hal yang tidak pernah ditinggalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Terlalu sering melihat layar gadget seperti computer, leptop dan smartphone dipercaya bisa merusak mata. Sinar radiasi dari perangkat, lama-kelamaan bisa membuat mata kering, kelelahan, hingga penglihatan kabur.

Ada beberapa cara untuk mengatasi kelemahan ini, menggunakan kacamata anti radiasi hadir sebagai salah satu solusi untuk mencegah kerusakan mata. Tapi, apakah kacamata ini benar-benar efektif dalam melindungi mata?

Kacamata anti radiasi merupakan kacamata yang diciptakan untuk melindungi mata ketika menatap gadget. Sebab, radiasi sinar biru pada gadget dipercaya mampu mengakibatkan sejumlah masalah pada mata.

Umumnya, kacamata anti radiasi dilapisi dengan lensa anti reflektif yang dapat mengurangi pantulan sinar dari gadget.

Beda dengan kacamata biasa yang dibuat hanya untuk membantu penglihatan. Sedangkan, kacamata anti radiasi bertujuan untuk mengoptimalkan penglihatan ketika melihat layar gadget.

Harga yang didapatkan pun bervariasi, jika kita ingin membeli kacamata anti radiasi. Karena semakin bagus kualitas kacamata, maka harganya akan semakin tinggi. Sebelum memastikan harga kacamata, lebih baik tanyakan kepada dokter mata agar mendapatkan informasi yang tepat.

Apabila kamu tidak ingin menggunakan kacamata anti radiasi, ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk melindungi mata dari radiasi layar gadget.

Cara-cara tersebut meliputi:

  1. Sebaiknya kurangi cahaya layar untuk mengurangi cahaya dimata, cahaya yang terlalu terang bisa membuat mata bermasalah.
  2. Pastikan jangan terlalu dekat setidaknya duduklah dengan jarak sekitar 50 cm dari layar computer.
  3. Gunakan obat tetes mata ketika mata kering.
  4. Sesuaikan pencahayan ruangan dan tingkatkan kontras pada layar untuk pengurangi ketegangan mata.