Kartu yang harus kamu punya sebelum mengunjungi Korea Selatan.

Liburan menjadikan salah satu kegiatan yang harus di lakukan saat jenuh melanda. Dan banyak sekali Korea Selatan menjadi salah satu negara di Asia yang sering di kunjungi oleh turis.

Kartu yang harus kamu punya sebelum mengunjungi Korea Selatan.

Warta.com - Liburan menjadikan salah satu kegiatan yang harus di lakukan saat jenuh melanda. Dan banyak sekali orang memilih untuk berlibur ke Korea Selatan.

 

Tetapi sebelum memulai menjelajah Korea Selatan ini, alangkah baiknya turis harus mempunyai kartu yang sangat berguna untuk menemani selama berlibur di Korea Selatan.

Jadi ada kartu T-Money atau Korea Tour Card. Kedua kartu tersebut bisa digunakan untuk membayar transportasi umum seperti bus, kereta bawah tanah dan taksi.

 

Sekilas kedua kartu ini memiliki kegunaan yang sama, akan tetapi ada juga perbedaan yang terletak dari sisi harga serta keuntungan yang didapat.

T-Money memiliki harga sekitar 2.500 won (Rp.30.000), sedangkan kalau Korea Tour Card 4.000 won jika dirupiahkan senilai Rp.50.000.

 

Untuk Korea Tour Card mempunyai harga yang lebih mahal diliat dari segi kartu yang eksklusif bagi turis asing. Selain eksklusif kartu ini juga memberikan keuntungan berupa diskon ditempat wisata, restoran, bioskop dan pusat perbelanjaan. Sayangnya diskon ini hanya berlaku maksimal empat kali.

Selain itu, diskon ini pun hanya berlaku untuk perpindahan dari satu bus ke tipe bus lainnya.

Ternyata tidak hanya seoul ada beberapa wilayah yang menerima sistem pembayaran dengan menggunakan T-Money.

 

Selain kegunaan kartu yang semakin mempermudah perjalanan, kartu khusus turis asing ini juga memiliki versi aplikasinya, yaitu Mobile Korea Tour Card. Aplikasi ini mengandalkan fitur FNC dari masing-masing ponsel, sebelum menggunakan aplikasi ini cek terlebih dahulu koneksi wireless dan pastikan NFC telah diaktifkan. Kemudian, aktifkan aplikasi dan gunakan kartu saat layar dinyalakan. Dan aplikasi ini hanya bisa digunakan pada ponsel dengan OS android 5.0.1 atau lebih tinggi


informasi pentingnya, pembayaran ini hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit dan kartu debit Visa, Master, JCB, Amex dan Union.

Untuk mendapatkannya turis dapat membeli T-Money dan Korea Tour Card di Family Mart, 7-Eleven, GS25 atau Mini Shop.

 

Meski begitu, top up saldo kartu hanya bisa di lakukan di vending machine beda haknya kalau kita membeli kartu GS25, turis akan mendapatkan kartu T-Money sekaligus bisa top up saldo.