Kembali ke Italia, Cristiano Ronaldo Diklaim tak Langgar Aturan Karantina

Kapten timnas Portugal, Cristiano Ronaldo kembali ke Italia setelah dinyatakan positif terkena virus corona oleh Federasi Sepak Bola Portugal pada Selasa (13/10/20). 

Kembali ke Italia, Cristiano Ronaldo Diklaim tak Langgar Aturan Karantina

Warta.com - Kapten timnas Portugal, Cristiano Ronaldo kembali ke Italia setelah dinyatakan positif terkena virus corona oleh Federasi Sepak Bola Portugal pada Selasa (13/10/20). 

Dikutip dari laman resmi Federasi Sepak Bola Portugal, bahwa Ronaldo tak menunjukan gejala dan sudah dibebaskan dari tugas internasional untuk menjalani karantina mandiri. 

Selang sehari dinyatakan positif virus corona, Ronaldo diterbangkan kembali ke Turin, Italia dari markas latihan timnas Portugal di Cidade de Futebol. 

Kepindahannya ke Italia ini diklam tidak melanggar protokol kesehatan tak menjalani karantina mandiri selama 14 hari di Portugal. 

Pernyataan tersebut disampaikan oleh perwakilan Direktur Jendral Kesehatan Portugal, Grace Freitas. 

Ia mengungkapkan bahwa kondisi Ronaldo tak berbeda dengan orang lain yang sudah dinyatakan terkena virus corona di luar negara tempat mereka tinggal. 

Freitas juga menambahkan bahwa megabintang Juventus itu telah mengonfrimasi akan menjalani karantina mandiri begitu sampain di Turin. 

Ditambah, Cristiano Ronaldo diterbangkan dari Portugal menggunakan pesawat khusus yaitu Luxembourg Air Rescue yang memang dikhususkan untuk memulangkan orang-orang yang mengalami cedera atau sakit di luar negeri. 

Pesawat yang membawa Ronaldo dari Portugal berangkat pukul 13.30 waktu setempat dari Bandara Tires menuju Italia. 

"Penerbangan menggunakan pesawat tersebut dipastikan dalam kondisi aman," ujar Freitas.

"Itu sepenuhnaya menjadi tanggung jawab pasien yang telah didiagnosis terkena virus corona dan ingin kembali ke negara tempat mereka tinggal secara resmi," tambahnya 

"Setelah penerbangan itu, mereka akan dievaluasi oleh otoritas kesehatan,"

"Mereka juga sebelumnya diminta untuk menandatangani pernyataan dimana mereka bertanggung jawab untuk mematuhi isolasi mandiri,"