Ketua Gugus Tugas Minta Pemda Bersiap Menuju New Normal

Ketua Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19, Doni Monardo berharap pemerintah daerah yang daerahnya terdampak virus corona bisa bersiap kembali produktif dan aman menuju new normal. 

Ketua Gugus Tugas Minta Pemda Bersiap Menuju New Normal

Warta.com - Ketua Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19, Doni Monardo berharap pemerintah daerah yang daerahnya terdampak virus corona bisa bersiap kembali produktif dan aman menuju new normal. 

Dalam rapat secara virtual dengan beberapa kepala daerah, Doni mengungkapkan, langkah itu mesti diambil berdasarkan pada data dan informasi yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bahwa vaksin untuk virus corona belum ditemukan.

"Sehingga Indonesia harus hidup berdapai dengan pandemi ini melalui new normal," ungkap Doni. 

Ia juga menjelaskan, upaya pemutusan rantai penyebaran virus corona tetep harus dilakukan berdampingan dengan pemenuhan kebutuhan ekonomi masyarakat yang terus berjalan. 

Doni menyakini masa pandemi ini bisa diatasi dengan kepemimpinan yang kuat dari kepala daerah, Maka masyarakat bisa bersatu untuk menghadapi virus corona sekaligus terbebas dari masalah ekonomi. 

Berdasar kan data hingga jumat ini, terdapat 124 Kabupaten/Kota yang belum terdampak virus corona. 

Doni pun mengungkapkan, keberhasilan tidak adanya data pasien yang positif virus corona itu karena komitmen tinggi dan kerja sama masyarakat dengan kepala daerah untuk menghindari penularan virus corona. 

Doni memberikan penawaran kepada 124 Kabupaten/Kota itu untuk diberikan keleluasaan untuk beraktivitas dalam upaya pencegahan penularan virus corona dan mengatasi masalah ekonomi.

Selain itu, Doni menambahkan bahwa pemerintah pusat membentuk Liaison Officer (LO) untuk mendukung kepala daerah dalam menyelesaikan permasalah virus corona.