Kisah, Sepak Terjang dan Kualitas Fabio Lopez

Reputasi Fabio Lopez terbilang cukup cemerlang. Ada nama tim raksasa Italia , AS Roma yang pernah menjadi bagian dalam karier kepelatihannya.

Kisah, Sepak Terjang dan Kualitas Fabio Lopez

warta.com - Reputasi Fabio Lopez terbilang cukup cemerlang. Ada nama tim raksasa Italia , AS Roma yang pernah menjadi bagian dalam karier kepelatihannya.

Pada 2000 hingga 2004 silam, Fabio Lopez menjabat sebagai pelatih kepala tim muda AS Roma. Pengalamannya di AS Roma tentu membuatnya mengerti betul cara membentuk permainan yang setara dengan level sepak bola Eropa.

Fabio Lopez mungkin juga merupakan pelatih yang baik dalam mengembangkan bakat pemain muda. Selain AS Roma, Fabio Lopez pernah juga bekerja sama dengan para pemain muda potensial di Atalanta dan Fiorentina.

Semasa berkarier di dua tim kenamaan Italia itu, Fabio Lopez diberi jabatan sebagai pemandu bakat. Ia bertugas untuk mencari bibit-bibit muda terbaik yang ke depannya bisa dikembangkan menjadi talenta luar biasa.

Kualitas rekam jejak karier Fabio Lopez makin mewah lagi apabila melihat lisensi yang dipegangnya. Data dari situs Transfermarkt menuliskan bahwa Fabio Lopez memiliki lisensi kepelatihan UEFA Pro.

Sayangnya, hanya sebatas itu saja kecemerlangan kualitas Fabio Lopez di level sepak bola Eropa. Selebihnya, Fabio Lopez hanya pernah menangani tim gurem asal Lithuania, Banga Gargzdai dan Siauliani.

Fabio Lopez belakangan malah lebih sering menjalani karier bersama klub-klub Asia. Mulai dari kancah sepak bola Indonesia, Malaysia, Bangladesh, Oman, hingga Arab Saudi, semuanya pernah dirasakan oleh Fabio Lopez.

Khusus pada perhelatan sepak bola Indonesia, ada dua klub yang pernah ditangani Fabio Lopez, yakni PSMS Medan (2011-2012), dan Borneo FC (2019). Namun, prestasi Fabio Lopez bersama klub-klub Indonesia itu nampak masih jauh dari kata mengesankan.

PSMS Medan pada Indonesia Premier League musim 2011/12, dibawa Fabio Lopez menempati  posisi juru kunci klasemen dan terdegradasi. Sementara, kala bersama Borneo FC, Fabio Lopez sudah diberhentikan saat masih menjalani masa pramusim.

Kurang lebih seperti itulah penggambaran kualitas Fabio Lopez dalam melatih. Reputasi cemerlangnya bersama klub-klub besar Italia, tapi selalu gagal menemui kesuksesan kala berkarier di Indonesia. Persija Jakarta berminat?