Konsumsi 5 Makanan yang Baik Setelah Donor Darah

Darah merupakan hal penting dari tubuh kita, sehingga kita akan merasakan lemas dan pusing kunang-kunang apabila kita kehilangan darah.

Konsumsi 5 Makanan yang Baik Setelah Donor Darah

Warta.com - Darah merupakan hal penting dari tubuh kita, sehingga kita akan merasakan lemas dan pusing kunang-kunang apabila kita kehilangan darah. 

Saat kita melakukan donor darah pun kita akan kehilangan sebagian darah. Untuk mengganti darah yang hilang, tubuh akan secara otomatis membentuk sel-sel darah merah baru dan membutuhkan beberapa minggu untuk mengembalikannya, Sementara sel-sel putih mengisi kembali dengan cepat. 

Tidak semua jenis makanan bisa meningkatkan sel darah merah dengan cepat. usahakan setelah donor darah untuk memakan beberapa asupan yang berguna membantu pembentukan sel-sel darah merah baru. 

Berikut ini adalah makan yang baik dikonsumsi setelah donor darah :

  1. Telur

Telur merupakan makanan yang kaya akan vitamin B2. Vitamin B2 adalah salah satu komponen penting untuk menghasilkan sel darah merah. 

  1. Hati

Selain Telur, makanan ini juga baik dikonsumsi setelah donor darah adalah ati. Karena, hati mengandung asam folat yang bisa menggantikan sel-sel darah yang hilang saat donor darah.

Pasalnya, selain mengandung folat hati juga memiliki B12 yang sangat tinggi. 

  1. Bayam

Bayam ini kaya akan zat besi; yang berguna membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Tanpa zat besi, tubuh gagal dalam mempertahankan sel darah merah yang sehat. Maka itulah, bayam baik untuk dikonsumsi setelah donor darah. 

Selain bayam, kamu juga bisa mengonsumsi kacang kering, asparagus, kangkung dengan kandungan tinggi folat. 

  1. Jeruk

Jeruk selain kaya akan vitamin C, ternyata bisa menjadi sumber zat besi yang baik dikonsumsi setelah donor darah. Kedua kandungan pada jeruk bisa membantu menghilangkan rasa pusing setelah donor darah. 

Selain itu, jeruk juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga fungsi hati, dan menyembuhkan rasa sakit. 

  1. Pisang

Pisang merupakan buah kuning cering yang ternyata baik dikonsumsi setelah melakukan donor darah. Ternyata pisang memiliki vitamin B6 yang bisa menghasilkan sel-sel darah sehat dan mambantu memecah protein.