Kontra Rio Ave, AC Milan Catatkan Sejarah dengan Adu Penalti

Fase grup Liga Eropa 2020-2021 mempertemukan dengan Rio Ave yang digelar di Estadio dos Arcos pada Jumat (2/10/20) dini hari WIB. 

Kontra Rio Ave, AC Milan Catatkan Sejarah dengan Adu Penalti

Warta.com - Fase grup Liga Eropa 2020-2021 mempertemukan AC Milan dengan Rio Ave yang digelar di Estadio dos Arcos pada Jumat (2/10/20) dini hari WIB. 

Pertandingan yang dimenangkan oleh AC milan ini berlangsung dramatis dengan waktu 120 menit dan drama adu penalti. 

Awalnya, AC milan berhasil mencetak dua gol melalui  Alexis Saelemaekers (51') dan Hakan Calhanoglu (120+2') melalui penalti. Sementara dua gol untuk Rio Ave dicetak oleh Fransisco Geraldes (72') dan Gelson (91'). 

Persaingan adu penalti pun berlangsung sengit sebelum akhirnya AC Milan keluar sebagai pemenang dengan skor 8-9. 

24 penalti dilakukan, sehingga kiper AC Milan Gianluigi Donnarumma dan kiper Rio Ave, Pawel Kieszek juga melaukan tendangan penalti. 

Tapi sayangnya, kedua penjaga gawang itu gagal menyelesaikan tugasnya dari titik putih. 

AC Milan menang seusai Rio Ave gagal menyelesaikan tiga penalti terakhirnya. 

Dalam ajang playoff yang berakhir lewat adu penalti ini, ada dua catatan sejarah bagi AC Milan yaitu gol milik Alexis Saelemaekers tercatat sebagai pemain asing termuda yang mencetak gol bagi AC Milan di kompetisi antarklub Eropa sejak Alexandre Pato. 

Ia mencatatkan gol di pertandingan tersebut dengan usian 21 tahun dan 96 hari. catatan tersebut terakhir kali dicetak oleh Alexandre Pato ketika ia mencetak gol ke gawang Real Madrid di ajang Liga Champions. 

Ditambah, babak adu pinalti di ajang antarklub Eropa merupakan sesuatu yang tak seharusnya. 

keterlibatan AC Milan ini menjadi yang pertama bagi klub sejak pertandingan final Liga Champions melawan Juventus pada 2003. 

AC Milan menang dengan skor 3-2 atas Juventus dalam pertandingan yang berlangsung selama 120 menit di Stadion Old Trafford, Manchenster.