Kriteria Kota Impian Ridwan Kamil, Saat di Tunjuk Jadi Juri Sayembara Desain Ibu Kota Baru

Menteri Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono, menunjuk langsung Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebagai juri sayembara desain ibu kota baru.

Kriteria Kota Impian Ridwan Kamil, Saat di Tunjuk Jadi Juri Sayembara Desain Ibu Kota Baru

Warta.com - Menteri Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono, menunjuk langsung Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebagai juri sayembara desain ibu kota baru.

Ridwan Kamil mengatakan, mendesain kota baru harus sesuai dengan teori dunia yaitu mengedepankan nilai humanis.

“Semua konsep-kosnep terbaik se dunia harus berkumpul di ibu kota baru, jangan mengulangi kota-kota yang tidak humanis,” ucap Ridwan Kamil.

“kepadatannya harus cukup tidak terlalu padat bikin sesak dan terlalu jauh bikin boros transportasi,” tambahnya

Menurutnya, ciri kota yang humanis memiliki jarak yang dekat sehingga masyarakat hanya perlu berjalan kaki, bangunan yang ramah terhadap lingkungan, serta tingkat kepadatan hunian yang cukup.

Adapula Sembilan orang yang juga ditunjuk sebagai juri dalam sayembara tersebut.

“Yang gubernur baru saya karena ada garis miring profesi sih,” ungkapnya.

Pasalnya, Kementerian Pekerjaan dan Perumahaan Rakyat (PUPR) telah membuka syamebara untuk mendesain kawasan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimatan Timur. Sayembara ini bisa diikuti semua pihak baik swasta maupun elemen masyarakat.

Menteri Basuki mengatakan desain ibu kota baru harus menyangkut 3T yaitu kota yang memiliki toleransi, top talent dan teknologi.

sayembara akan diumumkan dan dibuka pendaftaran pada masa waktu 2-11 Oktober 2019. sayembara ini berlangsung sejak 11 Oktober sampai 22 Desember 2019. Pengumuman dan penetapan pemenang sayembara akan dilakukan pada 23 Desember 2019. selanjutnya periode 1 Januari-31 Agustus 2020 akan dilakukan penyusunan urban design.

Bersamaan dengan itu, pemerintah juga membuka sayembara taraf internasional pada 1 Januari-31 Maret 2020. Dan pada 1 April-31 Agustus 2020 dilakukan pengayaan rancangan kota hasil sayembara nasional oleh ahli internasional.