Lakukan Langkah Ini Sebelum Memasang Android 10 di Ponsel Anda

ndroid 10 hadir di sini untuk beberapa orang, tetapi mungkin bukan untuk Anda. Tapi jangan sedih dulu, jika Anda pemilik Google Pixel (mulai dari OG Pixel hingga varian Pixel 3a atau Pixel 3a XL terbaru), Anda dapat mengunduh dan menginstal versi Android OS yang terbaru sekarang.

Lakukan Langkah Ini Sebelum Memasang Android 10 di Ponsel Anda

Warta.com - Android 10 hadir di sini untuk beberapa orang, tetapi mungkin bukan untuk Anda. Tapi jangan sedih dulu, jika Anda pemilik Google Pixel (mulai dari OG Pixel hingga varian Pixel 3a atau Pixel 3a XL terbaru), Anda dapat mengunduh dan menginstal versi Android OS yang terbaru sekarang. Namun untuk pengguna ponsel pabrikan lain, Anda diharapkan untuk sabar menunggu. 

Sebelum Anda mengunduh dan menginstal Android 10, kapan pun itu, berikut adalah beberapa langkah yang mungkin Anda harus lakukan: 

Cadangkan data-data Anda

Meskipun Anda harus bermigrasi dengan baik dari Android versi apa pun yang sedang Anda gunakan menuju ke Android 10, Anda pastinya tidak ingin mengalami kehilangan data, terutama jika Anda belum mencadangkan data penting di perangkat Anda. Untungnya, ini adalah proses yang cukup mudah dan cepat:

-Buka Menu Pengaturan
-Pilih Submenu Sistem
-Pilih Submenu Cadangan
-Sentuh tombol biru besar "Cadangkan sekarang"

Ini harus mencakupi sebagian besar hal penting yang ada di perangkat Anda seperti: data aplikasi, riwayat panggilan, kontak, pengaturan perangkat, dan pesan teks. Jika Anda ingin lebih teliti, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Slight Backup untuk membuat cadangan tambahan sekunder. Jika Anda menjalankan root, Anda juga dapat menggunakan Titanium Backup untuk mempertahankan semua yang ada di dalam perangkat Anda, tetapi itu sepertinya sedikit berlebihan untuk sekedar pembaruan sistem standar. 

Kami juga merekomendasikan menjalankan Foto Google, dengan asumsi Anda menggunakan aplikasi / layanan itu, untuk memastikan gambar dan video perangkat Anda semua disinkronkan ke cloud.

Terakhir, jika Anda menggunakan perangkat dengan aplikasi otentikasi Android untuk memverifikasi informasi login Anda, pastikan Anda memiliki kode cadangan untuk akun ini, pastikan juga dalam keadaan siaga. Jika pembaruan mengarah ke gagal dan Anda tidak dapat mengakses ponsel, atau aplikasi autentikator Anda, Anda masih dapat masuk ke akun Anda dari perangkat lain dan memulai proses pengaturan 2FA yang agak sulit di tempat lain. 

Uji Coba Kecepatan Perangkat Anda Sebelum Menginstal Android 10 

Langkah ini opsional, tetapi Anda disarankan untuk selalu melihat apa yang dilakukan pembaruan sistem operasi baru terhadap kinerja perangkat Anda dan jika sistem operasi yang baru malah itu memperlambat perangkat Anda dari segi peforma apa pun, itu adalah alasan yang baik untuk mempertimbangkan pengaturan ulang, beberapa pemecahan masalah tambahan, atau mungkin panggilan telepon atau obrolan online dengan produsen (setelah kalian memeriksa untuk memastikan garansi masih aktif). 

Instal beberapa aplikasi pembandingan seperti GeekBench 5, AnTuTu, dan GFXBench, dan coba jalankan sebelum Anda meningkatkan perangkat ke Android 10. Setelah perangkat Anda siap untuk masuk ke versi baru dari sistem operasi, jalankan lagi, pastikan hasilnya harus sangat mirip seperti sebelum peningkatan sistem operasi. Jika secara signifikan lebih buruk setelah dibandingkan dengan sebelumnya, perangkat Anda mungkin memiliki masalah. 

Tentu saja, Anda selalu dapat menelusuri forum Android favorit Anda untuk memeriksa kembali bahwa pemilik lain dari ponsel pintar yang setipe dengan Anda tidak menemukan bug atau masalah saat mereka melompat ke Android 10. Jika demikian, Anda mungkin dapat menahan pembaruan sampai semua masalah ditangani. Itu terutama berlaku untuk masalah baterai yang mungkin ditemui pengguna lain. Jika Anda melihat laporan bahwa Android 10 memakan banyak daya baterai perangkat Anda (sekitar 25 persen, katakanlah), Anda juga mungkin ingin menunda pembaruan itu. 

Cara menginstal Android 10 

Setelah Anda siap untuk memulai pembaruan menjadi Android 10, lakukan pembaruan over-the-air dengan:

-Buka Pengaturan
-Mengetuk Sistem
-Ketuk pada Tingkat Lanjut
-Mengetuk Pembaruan Sistem
-Mengetuk tombol "Periksa pembaruan" biru besar.

Setidaknya, itulah cara yang bisa dilakukan pada Pixel 3a. Langkah yang sedikit berbeda mungkin dapat dilakukan untuk perangkat Android spesifik milik Anda. Namun demikian, tidak terlalu sulit untuk menginstal pembaruan OS. Katakan halo ke Android 10!