Lewat Doodle, Google Rayakan Hari Batik Nasional

Di Hari Batik Nasional yang bertepatan pada 2 Oktober ini Google turut serta merayakan lewat Doodle yang terlihat pada halaman utamanya.

Lewat Doodle, Google Rayakan Hari Batik Nasional

Warta.com - Hari Batik Nasional yang bertepatan pada 2 Oktober ini Google turut serta merayakan lewat Doodle yang terlihat pada halaman utamanya.

Doodle yang didominasi warna biru dan emas ini menampilkan tiga motif batik yang menjadi latar belakang Google diantaranya motif parang.

Doodle batik. [Google]

Dikutip dari laman resminya, Google menjelaskan teknik pembuatan Doodle ini special karena bukan dibuat secara digital, Google Doodle edisi Hari Batik Nasional ternyata dibuat menggunakan teknik manual melewati proses membatik.

Desain Google Doodle hari ini diciptakan oleh Seniman Lydia Nichols. Ia belajar langsung cara pembuatan batik menggunakan kain putih yang diwarnai, kemudian dipercantik menjadi draf Doodle yang hasilnya muncul di halaman utama pencarian Google Indonesia.

Jika pengguna masuk ke dalam utama Googke, akan ada pesan dengan bunyi :

“Lihat lebih dekat berbagai motif batik dengan Google,”

Apabila pesan itu di klik, pengguna akan dibawa ke dalam laman Google Art dan Culture dengan penjelasan mengenai batik dan motifnya yang beragam.

Hari Batik Nasional ada sejak 2 Oktober 2009 yang ditetapkan UNESCO untuk memperingati batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi.

“Indonesia telah dikenal karena Batik sejak abad ke -4 atau ke - 5, dan telah dikatakan bahwa teknik dan desain pewarna batik Indonesia sama banyaknya dengan pulau-pulau disekitarnya. Desain dan warna bervariasi sesuai dengan desa dan kelompok etnis yang tersebar di berbagai pulau,” tulis laman resmi Google Doodle