Lionel Messi vs Robert Lewandowski: Siapa Yang Telah Menjadi Pencetak Gol Yang Lebih Produktif Di Tahun 2019?

Robert Lewandowski dan Lionel Messi telah mencetak banyak gol pada 2019. Tidak mengherankan, duo ini adalah dua dari 30 nominasi untuk penghargaan Ballon d'Or 2019.

Lionel Messi vs Robert Lewandowski: Siapa Yang Telah Menjadi Pencetak Gol Yang Lebih Produktif Di Tahun 2019?

Warta.com - Robert Lewandowski dan Lionel Messi telah mencetak banyak gol pada 2019. Tidak mengherankan, duo ini adalah dua dari 30 nominasi untuk penghargaan Ballon d'Or 2019.

 

Sementara Messi akhirnya memenangkan rekor Ballon d'Or keenam berdasarkan kinerja bintang selama tahun ini untuk klub dan negara, eksploitasi Robert Lewandowski juga tidak jauh di belakang.

 

Kedua pemain adalah pencetak gol terbanyak di liga masing-masing musim lalu, dengan Messi mencetak 36 gol dalam 34 pertandingan untuk Barcelona di Liga Primera Spanyol dan Lewandowski mencetak 22 dalam 33 pertandingan untuk Bayern Munich di Bundesliga Jerman.

 

Duo ini terus memulai awal yang kuat untuk musim ini, dengan Messi hanya satu gol di belakang pencetak gol terbanyak liga Karim Benzema, dan Lewandowski memimpin grafik pencetak gol Bundesliga dengan tiga gol atas penantang terdekat Timo Werner dari RB Leipzig.

 

Di Liga Champions musim ini, Messi membuat terobosan baru, sementara Lewandowski telah menetapkan kecepatan di puncak papan skor. Mari kita menganalisis eksploitasi penilaian gol dari duo di berbagai kompetisi:

 

1 League football

Image result for Messi

Messi mencetak 21 gol dalam 19 pertandingan di Primera Liga sejak pergantian tahun ketika Barcelona memastikan gelar liga ke-4 mereka dalam 5 musim. Dalam prosesnya, Messi mengikat rekor 6 penghargaan Pichichi yang legendaris dari Telmo Zarra. Kapten Barcelona melewatkan empat pertandingan musim 2019-20 sebelum menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam 16 musim LaLiga berturut-turut. Beberapa pertandingan kemudian, Messi mengikat rekor 34 hat-trick LaLiga dari Cristiano Ronaldo dengan mencetak tiga gol melawan Celta Vigo dalam perjalanan untuk mencetak sembilan gol dalam banyak pertandingan. Lewandowski mencetak 12 gol dalam 17 pertandingan Bundesliga di paruh pertama tahun ini saat Bayern Munich memastikan gelar liga ketujuh berturut-turut. Pada 2019-20, pemain internasional Polandia itu menjadi pemain pertama yang mencetak gol di masing-masing dari 11 pertandingan pembukaan musim Bundesliga dalam perjalanan untuk memuncaki papan skor dengan 16 gol dalam 13 pertandingan.

 

Messi memenangkan duel ini karena telah mencetak lebih banyak gol dan juga memiliki rasio gol per pertandingan yang lebih baik (30 gol dalam 28 pertandingan dengan 1,07 gol per pertandingan) melawan Lewandowski (28 gol dalam 30 pertandingan dengan 0,93 gol per pertandingan).

 

Messi Pemenangnya

 

2 UEFA Champions League

Image result for lewandowski

Lewandowski gagal mencetak gol di kedua kaki dari kekalahan agregat 16-1 Bayern Munich 3-1 dari Liverpool, yang akhirnya menjadi juara Liga Champions musim lalu. Namun, penembak jitu yang produktif adalah salah satu dari dua pemain (yang lainnya adalah Erling Braut Haaland) yang telah mencetak pada setiap Matchday musim 2019-20, dalam perjalanan untuk skor dengan 10 gol.

 

Blitz empat gol pemain internasional Polandia itu dalam kemenangan Bayern 6-0 Matchday 5 di Crvena Zvezda adalah empat kali lipat tercepat yang dicatat dalam sejarah kompetisi saat sang striker hanya menjadi pemain kedua (Lionel Messi menjadi yang lain) untuk mencetak beberapa quadruple di kompetisi.

 

Messi mencetak enam gol dalam banyak pertandingan di babak sistem gugur Liga Champions musim lalu ketika Barcelona jatuh ke pemenang akhirnya Liverpool di semi-final. Musim ini, Messi menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam 15 musim berturut-turut di kompetisi ketika ia mencetak gol saat tandang Barcelona 2-1 di Slavia Praha. Pada Matchday 5, Messi mencetak gol dalam kemenangan kandang 3-1 klub Catalan atas Borussia Dortmund untuk menjadi pemain pertama di Liga Champions yang mencetak gol melawan 34 tim yang berbeda. Lewandowski memenangkan putaran duel ini, karena penghitungan 10 gol dalam 7 pertandingan (1,43 gol per pertandingan), seperti melawan 8 gol Messi dalam 11 pertandingan (0,7 gol per pertandingan).

 

Lewandowski Pemenangnya