Mahasiswa Demo di Isi Spanduk Melenial

Ada yang menarik di aksi demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia sedang sejak Senin (23/9/19) hingga Selasa (24/9/19).

Mahasiswa Demo di Isi  Spanduk Melenial

Ada yang menarik di aksi demonstrasi mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia sedang sejak Senin (23/9/19) hingga Selasa (24/9/19).

Ribuan mahasiswa mengikuti aksi #GejayanMemanggil di Simpang Tiga Colombo, Gejayan, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (23/9/2019). Dalam aksi demonstrasi yang diikuti oleh ribuan mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta itu, mereka menolak segala bentuk pelemahan terhadap upaya pemberantasan korupsi serta mendesak pemerintah dan DPR mencabut UU KPK yang sudah disahkan.

Mahasiswa kedapatan memegang spanduk berisi tulisan yang mengundang perhatian. Kata-kata dalam spanduk yang mengundang perhatian tapi mengena dengan apa yang ingin mereka sampaikan.

Spanduk bernada sarkastik tampil dalam aksi demonstrasi mahasiswa di Gedung DPRD Provinsi Lampung, Selasa (24/9/2019). Aksi mahasiswa menghasilkan 14 kesepakatan dengan DPRD setempat.

Foto-foto yang tersebar mahasiswa sambil mengusung spanduk menjadi viral di media social.

Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Paradina Hendri Satrio mengungkapkan, tulisan ala melenial di spanduk, menunjukan spontanitas mahasiswa dalam menyuarakan isi hati mahasiswa.

Menurutnya, mahasiswa ingin membuat kalimat sederhana yang tidak neko-neko namu mudah dimengerti oleh masyarakat luas termaksud pemerintah yang mereka tuju.

“Memang yang penting pesannya dimengerti. Mahasiswa ini kan menyesuaikan dengan apa yang mereka mengerti, ngertinya bahasa milenial, ya pakai bahasa milenial,” ujar Hendri

Ia mengatakan, cara ini justru efektif bagi mahasiswa untuk menjelaskan apa yang mereka ingin sampaikan. Maka dari itu, hendri meminta anggota dewan dan pemerintah untuk tidak menganggap remeh tuntutan yang disuarakan oleh para mahasiswa.