Menteri Perhubungan: Mulai Besok Semua Moda Transportasi Beroperasi Kembali

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan semua moda transportasi rencanya akan kembali beroperasi mulai Kamis (7/5/20). 

Menteri Perhubungan: Mulai Besok Semua Moda Transportasi Beroperasi Kembali

Warta.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan semua moda transportasi rencanya akan kembali beroperasi mulai Kamis (7/5/20). 

Budi menyampaikan bahwa Kementerian Perhubungan ditugaskan untuk menjelaskan Permenhub Nomer 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dan surat edaran dari Menko Perekonomian. 

Penjelasan Permenhub dan surat edaran Menko Perekonomian yaitu memberikan kelonggaran bagi moda transportasi kembali beroperasi. 

Keputusan itu dilaksanakan agar perekonomian nasional tetap berjalan. 

"Kemungkinan semua angkutan bus, laut, kereta api dan udara untuk kembali beroperasi dengan satu catatan, harus menaati protokol kesehatan. Rencanya operasinya mulai besok, pesawat dan segala macemnya dengan orang-orang khusus, tapi tidak ada mudik," kata Budi. 

Budi menambahkan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan akan memberikan kriteria siapa saja yang diperbolehkan untuk menggunakan moda transportasi itu. 

"Yang kedua, BNPB akan memberikan kriteria, Di sini ada kriteria tertentu, nanti BNBP sama Kemenkes bisa menentukan dan bisa dilakukan," tambahnya 

Selain itu, Budi menjelaskan salah satu kriteria yang bisa menggunakan moda transportasi adalah pejabat negara seperti anggota DPR. 

Nantinya aturan tersebut akan dikordinasikan dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Jadi beruntunglah bapak-bapak jadi anggota DPR mendapatkan itu, Termasuk kami melakukan perjalananm sejauh itu tugas negara," 

"Untuk detailnya secara maraton nanti jam satu siang, saya dengan Dirjen udara, besok dengan Dirjen kereta api, darat dan laut agar penjabaran disampaikan ke khalayak," ujarnya mengakhiri