Nokia Lebih Unggul dari Samsung Soal Update OS Android

Layanan produk smartphone sedang jadi perhatian publik, karena menjadi salah satu nilah tambahan di tengah persaingan ketat. Karena layanan produk ini engga cuman menjamun ketersediaan garansi dan service center, tetapi juga tentang pembaruan keamanan serta sistem operasi.

Nokia Lebih Unggul dari Samsung Soal Update  OS Android

Warta.com - Nokia akhirnya merilis OS android untuk semua seri smartphone. Meski tidak sepopuler dulu, nokia tidak kalah dari segi pembaruan OS android. Smartphone yang berada dalam naungan HMD Global ini dinyatakan sebagai vendor smartphone yang paling cepat merilis update Android daripada merek besar lain seperti Samsung. 

Lembaga riset Counterpoint menemukan fakta smartphone nokia melakukan pembaruan OS lebih cepat dibandingkan pesaingnya. Counterpoint menghitung data penjualan smartphone mulai kuartal III 2018 saat Android Pie dirilis sampai dengan Kuartal II 2019. hasilnya 96 persen smartphone Nokia yang terjual, sejak kuartal III 2018 sudah mendapatkan update OS Android Pie. Sedangkan Samsung berada di angka 89 persen dan Xiaomi 84 persen.

Peter Richardson, Direktur Penelitian Counterpoint mengatakan pembaruan sistem operasi dan keamanan, adalah 2 aspek yang mendapatkan perhatian kecil dari smartphone Android. 

Update OS menjadi satu masalah klasik, untuk semua smartphone Android. Beda cerita dengan smartphone Pixel milik google, yang dijanjikan dukungan update software selama tiga tahun. Bahkan Iphone dari Apple menjanjikan update empat tahun lebih.

pasalnya, Google membuat perubahan pada Android, agar lebih mudah menerima pembaruan OS tepat waktu. Kini Google mengharuskan produsen melakukan pembaruan keamanan minimal dua tahun.

Keputusan ini disambut senang oleh pengembang aplikasi, karena memudahkan untuk meningkatkan fitur aplikasi terbarunya.