Pakaian bisa merusak lingkungan hidup

Ternyata pakaian memiliki dampak pada kelangsungan alam, pasalnya ada beberapa jenis pakaian mempunyai dampak baik dan ada pula berdampak buruk.

Pakaian bisa merusak lingkungan hidup

Warta - Ternyata pakaian memiliki dampak pada kelangsungan alam, pasalnya ada beberapa jenis pakaian mempunyai dampak baik dan ada pula berdampak buruk.

 

Dalam perkembangan industri yang cepat dan trend yang terus berganti membuat 80 milliar potongan kain di produksi setiap tahunnya. Hasil data The Waste and Resources Action Programme (WRAP) menyatakan Rp 2.5 triliun ditemukan di tempat pembuangan sampah.

 

Ada beberapa bahan ini merupakan jenis pakaian dengan dampak buruk yaitu

  1. Sintetis (polyester, nilon, dan akrilik) merupakan kain sintetis yang tidak ramah lingkungan karena dihasilkan dari bahan minyak dan tidak bisa diuraikan secara alami karena bergantung pada ekstrasi bahan bakar fosil.

apabila di cuci kain sintetis akan melepaskan serat mikro melalui saluran air yang bisa menyebabkan kerusakan ekosistem laut.

  1. bahan hewan ( wol/kulit/bulu)

bahan yang berasal dari hewan ini bisa menghasilkan 14.5 % emisi gas rumah kaca sekaligus menjadi factor banyaknya hewan yang dibunuh setiap tahunnya untuk diambil kulitnya. Ternyata kulit hewan terdapat 5 % mengandung kromium, zat beracun yang bisa menyebabkan kanker.