Perpisahan Manis untuk Jusuf Kalla

Wakil Presiden Jusuf Kalla akan mengakhiri masa tugasnya. kurang dari sepekan sebelum pelantikan periode 2019-2024.

Perpisahan Manis untuk Jusuf Kalla

Warta.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla akan mengakhiri masa tugasnya. kurang dari sepekan sebelum pelantikan periode 2019-2024. Nantinya, pada Minggu 20 Oktober mendatang, akan ada KH Ma'ruf Amin yang menggantikan posisinya mendampingi Jokowi sebagai Wakil Presiden. 

Jusuf Kalla baru saja mengadakan acara perpisahan dengan seluruh staf Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) di Trans Studio Mall, Depok, Jawa Barat, Minggu (13/10/19).

Acara yang dihadiri seluruh staf Setwapres yang terdiri dari PNS, para staf ahli dan staff khusus tersebut menghadirkan rasa haru. 

Pasalnya, acara yang bertema perpisahan ini dimulai dengan memutarkan video perjalanan hidup dan karirnya JK, dari awal mengenal sang istri, Mufida Jusuf Kalla sampai terpilihnya menjadi wakil presiden kedua kalinya. 

Selain itu, ada penyampaian kesan-kesan dari kepala Setwapres yang diwakili oleh Mohammad Oemar selama membantu Wapres JK selama bertugas. Ditambah para ajudan dan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Grup B yang juga menyampaikan kesan dan memberikan kenang-kenangan berupa foto. 

Di foto tersebut, menunjukan JK dan Mufida sedang berjalan bersama namun hanya terlihat dari belakang. 

"Terima Kasih kami bisa belajar kepemimpinan dari pak JK. foto ini menunjukan kami ( selaku ajudan ) hanya bisa melihat Pak JK dan ibu dari belakang," ujar salah satu ajudan JK 

Selain ajudan, Paspampres Grup B juga memberikan JK kenang-kenangan lukisan yang berisi seluruh anggota. 

"Ini biar Bapak ingat mana yang sering bapak omelin," ujar Komandan Paspampres Mayjen Maruli Simanjutak. 

JK merasa terharu dengan semua persembahan yang diberikan kepadanya di acara perpisahan. 

"Saya berterima kasih atas acara ini yang memberikan suasana haru dan mengingatkan kita semua pada saat kita bekerja sama dengan baik," ujar JK 

Di hari sebelum acara perpisahan ini, JK juga mendapatkan penghormatan dari dalam kokpit jet F-16 TNI AU Fighting Falcon. 

Gambar hasil untuk Perpisahan wakil presiden jusuf kalla

Ucapan terima kasih dan penghargaan tersebut, disampaikan dari salah satu penerbang pesawat tempur yang mengawal pesawat Indonesia-2 sepulang dari perjalanan ke luar negeri. 

Begini percakapan Letkol Penerbang Agus "Wolverine" Dwi, Alumni Akabri Udara 202 dengan Wapres Jusuf Kalla. 

"Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Yang terhormat Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia beserta rombongan. Kami dari Unit Flight 3 F-16 Fighting Falcon dengan bangga mengawal penerbangan Indonesia-2. Atas nama keluarga besar Lanud Iswahyudi kami menghaturkan ucapan terima kasih atas kepemimpinan bapak selama menjadi Wapres RI. Semoga senantiasa dikaruniai kesehatan dan keselamatan. Amin."

Percakapan ini mendapatkan jawaban komunikasi udara dari JK dari dalam Pesawat Kepresidenan. 

"Ya, saya Jusuf Kalla di sini, Wakil Presiden. Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan juga tentu pengabdian Anda. Dan hari ini saya berbangga dikawal oleh Anda semua. Dan saya yakin kekuatan negara kita terjaga dengan baik oleh Anda semua. Terima kasih atas pengawalannya," balas JK.