Polisi Tak Akan Menilang, Meski Masa berlaku SIM Habis, Cek Tanggalnya!

Polda Metro Jaya resmi memperpanjang masa tenggang dispensasi Surat Izin Mengemudi (SIM) selama pandemi virus corona hingga 31 Agustus 2020.

Polisi Tak Akan Menilang, Meski Masa berlaku SIM Habis, Cek Tanggalnya!

Warta.com - Polda Metro Jaya resmi memperpanjang masa tenggang dispensasi Surat Izin Mengemudi (SIM) selama pandemi virus corona hingga 31 Agustus 2020. 

Tetapi, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes, Yusri Yunus mengatakan bahwa perpanjangan itu hanya untuk pemilik SIM yang masa berlakunya habis pada 17 Maret hingga 29 Mei 2020. 

"Dispensasi perpanjangan SIM mulai tanggal 2 Juni hingga 31 Agustus 2020 untuk masa berlaku SIM yang berlakunya habis pada 17 Maret hingga 29 Mei 2020," Ujar Yunus

Jadi untuk penindakkan hukum di jalan, Polisi hanya memberikan kelonggaran untuk kepada pemilik SIM yang masa berlakunya habis antara 17 Maret-29 Mei. 

"SIM yang masa berlakunya habis dapat dispensasi, tidak akan ditilang karena habis masa berlakunya. Tidak ada penegakan hukum kepada pemilik tersebut," tambahnya. 

Yunus juga menambahkan, pemilik SIM tak perlu khawatir apabila masa berlakunya habis pada masa itu. Sebab, pemilik bisa melakukannya setelah 31 Agustus dengan prosedur perpanjangan, bukan pembuatan SIM baru. 

Seperti diketahui, sebelumnya dispensasi hanya diberikan sampai dengan 29 Juni 2020 saja. 

Kepolisian menutup semua layanan perpanjang SIM, STNK, dan BPKB hingga 29 Mei 2020 karena terjadi pandemi virus corona. 

Meski begitu, layanan Satpas Polda Metro Jaya di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, masih berjalan hanya melayani pembuatan sim baru, hilang atau rusak. 

Menjelang penerapan fase new normal, Kapolri memperbolehkan beberapa satpas SIM untuk beroperasi kembali, Namun, Layanan dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan berlaku. 

Dalam Polres wilayah hukum Polda Metro Jaya yaitu, Polres Tangerang Selatan, Polres Metro Depok, Polres Metro Bekasi Kota dan Polres Metro Bekasi Kabupaten.