Salah Makan Es Krim Bisa Menyebakan Penyakit, Yuk Simak!

Siapa yang tidak menyukai es krim ? Semua orang menjadikan es krim sebagai makanan kesukaan saat cuaca panas, salah dalam memakan bisa berpengaruh pada masalah kesehatan.

Salah Makan Es Krim Bisa Menyebakan Penyakit, Yuk Simak!

Warta.com - Siapa yang tidak menyukai es krim ? Semua orang menjadikan es krim sebagai makanan kesukaan saat cuaca panas, salah dalam memakan bisa berpengaruh pada masalah kesehatan. 

Es krim bisa menjadi penyebab keracunan makanan apabila dikonsumsi dengan cara yang salah.” kata dosen Ilmu Biomedis dari Aston University, Amreen Bashir saat menjelaskan kesalahan memakan eskrim.

Terlalu banyak konsumsi es krim bisa meningkatkan resiko obesitas dan diabetes karena kadar gula yang tinggi. Tapi es krim benar-benar berpotensi menyebabkan penyakit” imbuhnya. 

Keinginan memakan es krim di rumah, menjadi salah satu yang sering dilakukan dengan cara membekukan kembali es krim yang sudah mencair, agar es krim yang telah dibeli bisa dinikmati sesampainya di rumah.

Es krim dapat mencair dengan cepat pada suhu kamar, Disisi lain cairan manis adalah tempat yang paling disenangi oleh bakteri salah satunya Listeria. Ketika es krim yang mencair dibekukan kembali, pertumbuhan bakteri bisa dua kali lebih banyak” jelas Amreen.

Kesalahan kedua yaitu memakan es krim menggunakan sendok, membeli es krim dalam bentuk terkadang kita harus memakannya dengan sendok. Bisa jadi sendok yang kita gunakan telah terpapar bakteri sehingga ikut masuk ke tubuh dan menyebabkan infeksi. 

Kesalahan ketiga ini biasanya ibu-ibu yang ingin coba membuat es krim di rumah. Rasa ingin tahu yang tinggi atau kesukaannya pada es krim membuat ibu-ibu mencari resep di internet. Banyaknya resep di internet terkadang menemukan resep yang mengharuskan kita menggunakan telur mentah sebagai bahan campuran. Padahal itu dapat memungkinkan terjadinya infeksi saluran pencernaan. 

Amreen pun memberikan tips, “es krim yang diproduksi secara komersial sering dibuat menggunakan telur yang dipasteurisasi. Oleh karenanya, apabila ingin membuat es krim sendiri. Hindari penggunaan telur mentah agar es krim dimakan tetap aman.