Sebelum Kembali ke Jakarta, Akan Ada Penyekatan Arus Balik Mudik di 3 Wilayah

Pemeriksaan kendaraan yang ingin memasuki wilayah Jakarta dilakukan tiga wilayah yaitu, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Sebelum Kembali ke Jakarta, Akan Ada Penyekatan Arus Balik Mudik di 3 Wilayah

Warta.com - Pemeriksaan kendaraan yang ingin memasuki wilayah Jakarta dilakukan tiga wilayah yaitu, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, lalu di wilayah Bodetabek dan di dalam wilayah Jakarta. 

Pemerintah Provinsi atau Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan hanya warga yang mempunyai Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) yang dikeluarkan oleh Pemeprov DKI Jakarta yang diizinkan masuk wilayah Jakarta. Apabila tidak memiliki SIKM, warga tidak akan diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanan ke Jakarta. 

"Pemeriksaan terhadap kepatuhan SIKM dilakukan berlapis. Penyekatan terluar yaitu ring 3 dilakukan oleh Polda Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat. Setiap kendaraan yang akan masuk Jakarta akan ditanyakan apakah memiliki SIKM atau tidak," ujar Sambodo.

Kemudian, Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan penyekatan lapis kedua di 11 wilayah cek point yang terbagi di wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Tangerang. 

Selanjutnya, lapis pertama di Jakarta di bagi 8 titik cek point untuk melaksanakan pemeriksaan SIKM.

Sambodo berharap pemeriksaan SIKM kepada warga yang ingin masuk ke wilayah Jakarta bisa mencegah terjadinya gelombang kedua pandemi virus corona di wilayah Jakarta.