Siap-Siap Facebook Akan Hilangkan Fitur Likes!

Belum lama ini Facebook baru saja melakukan uji coba menghilangkan fitur ‘Likes’ untuk Instagram di 7 negara, dan Kanada menjadi negara pertama yang di pilih untuk melakukan uji coba pada bulan April lalu. Kemudian disusul oleh Irlandia, Jepang, Italia, Brazil, Australia dan selandia baru pada bulan juli lalu.

Siap-Siap Facebook Akan Hilangkan Fitur Likes!

Warta.com Belum lama ini Instagram baru saja melakukan uji coba menghilangkan fitur ‘Likes’ untuk Instagram di 7 negara, dan Kanada menjadi negara pertama yang di pilih untuk melakukan uji coba ini pada bulan April lalu. Kemudian disusul oleh Irlandia, Jepang, Italia, Brazil, Australia dan selandia baru pada bulan juli lalu. Hal ini dilakukan agar pengguna Instagram bukan hanya focus kepada jumlah likes namun lebih mementingkan isi konten dan kisah mereka.

Dalam cuitannya, Instagram melampirkan contoh uji cobanya pada gambar tangkapan layar yang berisi ungkahan foto salah satu akun Instagram, sebuah unggahan tidak langsung menampilkan jumlah likes, namun, Instagram akan menampilkan kata-kata unggahan itu di liked oleh seseorang 

Jadi tiap konten yang diunggah penggunakan akan di hitung ada berapa akun yang menyukai konten ini. Dari uji coba yang dilakukan ada beberapa pengguna di negara melaporkan hasil uji cobanya, mereka tidak bisa melihat jumlah suka pada kontennya, karena mereka cuman bisa melihat suka dari teman-teman mereka sendiri. Yang mengakibatkan sedikitnya jumlah like.

Facebook melakukan langkah ini dengan alesan untuk melindungi penggunanya iri hati. Yang menyebabkan para pengguna membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain berdasarkan jumlah suka. mereka merasa tidak dihargai ketika jumlah suka konten yang mereka post lebih sedikit dari pengguna lain. Dan untuk mengurangi pengguna berhenti menghapus konten yang telah mereka unggah dengan alasan tidak punyanya jumlah suka yang cukup untuk dibagikan.

Ahli reverse engineering Jane Manchun Wong menemukan prototipe Facebook untuk menyembunyikan jumlah suka pada aplikasi Android media sosial.

Dalam konfrimasinya kepada Tech Crunch, Facebook mengkonfrimasi kalau mereka memang sedang melakukan uji coba untuk menghilangkan jumlah like. Akan tetapi untuk saat ini fitur tersebut belum bisa di gunakan untuk semua pengguna hanya beberapa wilayah.

Facebook juga menolak untuk membagikan hasil uji cobanya dengan menyembunyikan jumlah suka di Instagram. Mereka pun tidak memberikan alesan dibalik uji coba ini. Dan kemungkinan untuk fitur ini di lakukan secara bertahap sampai nanti melihat hasil apakah memiliki pengaruh yang buruk pada pada penurunan pengguna dan iklan.

Karena likes sendiri pun sudah menjadi fitur utama Facebook hampir satu dekade terakhir. Dari hasil uji coba ini membuat pengguna media sosial menjadi terpecah ada yang setuju dan ada yang tidak setuju dengan ngenghilangkan jumlah likes. Bagi para selebgram kebijakan ini membuat mereka harus memutar otak. Maklu, untuk para selebgram menjual like untuk menghasilkan uang dari produk yang mereka endorse.

Tombol likes baik Facebook maupun Instagram merupakan sebuah tool interaktif antara pemilik account dan pengguna lainnya. Netizen yang menyukai postingan seorang bisa mengklik tombol likes yang mengisyaratkan dia menyukai konten tersebut.