Spotify vs. Apple Music: Layanan Streaming Musik Mana yang Harus Dipilih?

Mana yang terbaik untuk pemilik iPhone atau Android? Yang mana yang paling mendukung semua jenis speaker pintar? Dan yang mana yang memiliki pilihan lagu terbanyak? 

Spotify vs. Apple Music: Layanan Streaming Musik Mana yang Harus Dipilih?

Warta.com - Apple Music dan Spotify sama sekali bukan satu-satunya layanan streaming musik di luar sana, di AS saja ada setidaknya enam platform utama untuk dipilih, tetapi mereka dianggap sebagai dua pemain utama dalam bisnis ini. Dan jika Anda siap untuk berkomitmen pada salah satu dari mereka, Anda pastinya ingin tahu semua fasilitas yang ditawarkan masing-masing sebelum membuat pilihan akhir Anda. Mana yang terbaik untuk pemilik iPhone atau Android? Yang mana yang paling mendukung semua jenis speaker pintar? Dan yang mana yang memiliki pilihan lagu terbanyak? 

Berikut ini gambaran umum tentang bagaimana perbandingannya:

  Spotify Apple Music
Harga $10 per bulan atau $5 per bulan untuk pelajar $10 per bulan atau $5 per bulan untuk pelajar
Paket Keluarga Ya, sampai 6 orang ($15) Ya, sampai 6 orang ($15)
Paket Gratis Ya, didukung iklan Tidak, hanya Beats 1 Radio
Gratis Percobaan 3 bulan 3 bulan
Kualitas Streaming Sampai dengan 320kbps Ogg Vorbis, atau AAC (selengkapnya di bawah) 256kbps AAC
Perpustakaan Musik 50 juta lagu 50 juta lagu

Opsi Harga dan Skema Berlangganan

Spotify dan Apple Music keduanya menawarkan periode uji coba tiga bulan gratis * untuk layanan premium mereka, yang biasanya berharga $ 10, £ 10 atau AU $ 12 per bulan. Biayanya $ 5 untuk siswa atau $ 15 untuk paket keluarga. Dengan versi premium, Anda dapat mengalirkan lagu apa pun dari katalog sesuai permintaan, plus mendengarkan lagu secara offline. 

Dan jika Anda seorang pelajar, Anda akan mendapatkan akses ke Hulu dan Showtime (didukung iklan) sebagai bagian dari langganan Premium Anda. Spotify juga satu-satunya dari dua layanan musik dengan tingkat iklan gratis yang didukung, jadi meskipun Anda tidak ingin membayar untuk versi premium, Anda masih dapat mendengarkan. Peringatan (selain dari gangguan) adalah bahwa banyak album dan daftar putar mengharuskan Anda untuk mendengarkan dalam mode acak daripada bermain berurutan dan ada batas enam melompat per jam. 

Apple Music hanya memungkinkan pengguna streaming Radio Beats 1 gratis, atau Anda dapat mendengarkan lagu dari perpustakaan iTunes Anda. 

Pemenang: Spotify 

Image result for spotify vs apple music

Kualitas Streaming

Dalam hal kualitas streaming, Spotify menggunakan format Ogg Vorbis. Pada seluler Anda dapat memilih bit rate untuk melakukan streaming, dengan peningkatan hingga 320kbps, yang berguna terutama jika Anda khawatir menggunakan terlalu banyak data seluler. Pemutaran desktop adalah 160kbps atau 320kbps untuk pengguna premium. 

Jika Anda mendengarkan pemutar web Spotify atau melalui Chromecast, streaming di AAC pada 128kbps untuk pengguna gratis atau 256 kbps untuk premium.

Apple Music mengalirkan file AAC 256kbps.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bit rate dan kualitas audio, baca perbandingan kualitas suara antara Apple Music dan Spotify ini. 

Anda juga dapat menyesuaikan equalizer di keduanya agar sesuai preferensi Anda (meskipun Anda akan menemukan pengaturan EQ Apple Music di luar aplikasi, dalam bagian Pengaturan> Musik pada iPhone). 

Kecuali jika Anda seorang audiophile yang serius memperhatikan, Anda mungkin tidak akan melihat banyak perbedaan antara aliran Spotify dan Apple Music berkualitas tinggi dari lagu yang sama. Jika kestabilan audio tertinggi sangat penting bagi Anda, pertimbangkan layanan lain yang mendukung streaming tanpa gangguan seperti Tidal. 

Pemenang: seimbang 

Pilihan Perpustakaan dan Musik 

Keduanya memiliki perpustakaan yang kira-kira sama untuk lagu, mencapai 50 juta dan mereka juga menawarkan akses awal ke album tertentu dari waktu ke waktu. Apple Music terkadang menawarkan eksklusif untuk video musik tertentu. 

Jika Anda mengaktifkan Perpustakaan Musik iCloud dalam Apple Music, Anda dapat mengakses perpustakaan pribadi lagu Anda di semua perangkat Anda (dari PC ke telepon). Fitur ini "cocok" dengan lagu-lagu di perpustakaan Anda dengan yang ada di katalog iTunes. Anda dapat mengunggahnya jika lagu itu tidak tersedia, sehingga Anda dapat mendengarkan musik di mana pun Anda masuk dengan ID Apple Anda. Anda dapat menyimpan hingga 100.000 lagu. 

Perhatikan bahwa iTunes Match juga tersedia bahkan tanpa berlangganan Apple Music seharga $ 25 setahun. 

Spotify juga memungkinkan Anda memutar musik dari perangkat Anda di aplikasi Spotify, tetapi itu hanya berfungsi untuk file lokal (sehingga tidak disimpan di cloud). 

Pemenang: Apple Music

Aplikasi Mana Yang Tepat Untuk Anda? 

Jika Anda menginginkan layanan gratis, Spotify adalah pemenang yang jelas. Tetapi jika Anda mencari untuk membayar layanan, keputusan Anda mungkin sedikit lebih rumit. 

Butuh waktu untuk melatih setiap layanan ini untuk benar-benar mengenal selera Anda. Untuk layanan berbayar, Spotify melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mengungkap dan menyesuaikan daftar putar dan rekomendasi kepada kami melalui daftar putar khusus dan fitur penemuan. Tetapi Apple Music memberi Anda fleksibilitas paling besar dalam mencampurkan lagu-lagu dari perpustakaan Anda sendiri (yang mungkin bahkan bukan pada layanan streaming) dengan lagu-lagu baru yang dapat Anda streaming sesuai permintaan.

Jadi layanan mana yang akan Anda pilih? Tulis pilihan Anda pada kolom komentar di bawah ya!