Connect with us

Terkini

Pemerintah Jepang Hentikan Impor Minyak Rusia Secara Bertahap

Published

on

pemerintah jepang

Pemerintah Jepang berenacana untuk mengurangi impor minyak dari Rusia imbas konflik yang kini tidak kunjung reda dengan Ukraina.

Dilansir dari CNN Indonesia, Perdana Menteri Rumio Kishida mengungkapkan, Jepang akan menghapus impor minyak Rusia.

Langkah tersebut diambil menyusul kebijakan negara-negara Barat yang saat ini mulai menghentikan impor minyak dan gas Rusia.

Baca Juga:

Pemerintah Jepang masih pertimbangkan impor minyak Rusia

Ilustrasi (ekbis.sindonews.com)

Di lain sisi, Koichi Hagiuda selaku Menteri Perindustrian Jepang menuturkan, pihaknya masih mempertimbangkan keputusan tersebut. Menurutnya, dibutuhkan metode dan juga waktu yang tepat untuk menghentikan impor minyak Rusia.

“Kami akan memikirkan metode dan waktu khusus untuk mengurangi atau menangguhkan impor minyak, dengan mempertimbangkan situasi aktual,” ujarnya pada Selasa (10/5), dikutip dari CNN Indonesia.

Kendati demikian, pemerintah Jepang akan mengurangi ketergantungan energi dari Rusia secara bertahap seraya menimbang dampak penghentian impor minyak Rusia terhadap ekonomi di negaranya.

Amerika Serikat berperan penting dalam pasokan energi

Ilustrasi (okezone.com)

Sementara itu, Amerika Serikat dinilai sangat berperan penting untuk mengamankan pasokan energi yang stabil karena merupakan salah satu dari negara penghasil minyak dan gas.

Dalam upaya meningkatkan produksi gas alam cair di Amerika Serikat, pemerintah Jepang akan berkontribusi dalam perluasan proyek dan juga pembiayaan publik.

“Sebagai negara penghasil minyak dan gas, Amerika Serikat memiliki peran besar dan harus secara tegas membangun sistemnya sendiri untuk meningkatkan produksi,” kata Hagiuda.

Terkini

Banyak Dilakukan ke Hewan, Akankah Kloning Manusia Bisa Terwujud?

Published

on

By

kloning manusia

Kloning manusia menjadi hal yang menarik untuk dibahas setelah sebelumnya pada tahun 1996 para peneliti berhasil mengkloning mamalia pertama di dunia, yaitu domba Dolly.

Domba Dolly merupakan hasil kloning dari sel kelenjar susu domba berumur enam tahun dan dikultur di laboratorium menggunakan jarum mikroskopis.

Setelah menghasilkan sejumlah telur dari hasil kultur tersebut, telur kemudian ditanamkan ke dalam domba betina pengganti dan melahirkan satu domba yang diberi nama Dolly.

Dengan begitu, para peneliti pendukung menyebut bahwa hal ini menjadi kemajuan ilmu kedokteran dan suatu saat kloning pada manusia juga bisa terwujud.

Baca Juga:

Apa itu kloning?

Domba Dolly, mamalia pertama di dunia yang lahir dari hasil kloning (Wikipedia)

Sebelum menyelam lebih dalam, menurut National Human Genome Research Institute (NHGRI) yang dikutip dari laman Detik, kloning merupakan suatu proses untuk menghasilkan salinan genetik dari suatu entitas biologi. Selain itu, kloning juga dapat dimodifikasi sehingga menghasilkan individu baru yang lebih sempurna.

Kloning manusia akan menggunakan Teknik kloning reproduksi

Ilustrasi (Unsplash/Warren Umoh)

Dilansir dari laman Detik, kloning pada manusia kemungkinan besar nantinya akan menggunakan teknik kloning reproduksi. Dimana, teknik ini akan menggunakan DNA dari sel kulit yang diletakan pada sel telur pendonor yang sudah diangkat DNA-nya. Kemudian, diletakkan di dalam tabung reaksi.

Setelah telur mulai mengalami perkembangan, telur akan diambil dan ditanamkan ke dalam rahim wanita dewasa.

Kontra terkait kloning manusia

Ilustrasi (Hipwee)

Kendati demikian, banyak yang menentang terkait dilakukannya kloning pada manusia. Selain tidak etis, kloning manusia dinilai terlalu berisiko.

Menurut Professor hukum dan genetika dari Universitas Stanford, kloning pada manusia dapat menimbulkan sejumlah masalah psikologis, sosial dan fisiologis. Selain itu, kloning juga dapat menyebakan kemungkinan kematian yang tinggi.

Sebetulnya, kloning manusia bisa saja terwujud mengingat perkembangan teknologi saat ini sudah jauh berkembang. Namun, peneliti masih menimbang perihal risiko dan juga keetisan terkait kloning manusia. Selain itu, kloning manusia juga dianggap melanggar prinsip-prinsip martabat manusia, kebebasan dan kesertaran.

Continue Reading

Featured

Senang Menyendiri Menjadi Tanda Orang Cerdas, Kok Bisa?

Published

on

By

senang menyendiri

Kebiasaan senang menyendiri bukanlah menjadi hal yang buruk, melainkan salah satu pertanda bahwa Anda adalah orang yang cerdas.

Berdasarkan studi yang dilakukan di British Journal of Psychology pada tahun 2016, yang dikutip dari laman National Geographic menjelaskan, kebanyakan orang merasa puas dan bahagia bila memiliki banyak teman, kecuali Anda adalah orang cerdas di atas IQ rata-rata.

Baca Juga:

Rasa senang menyendiri timbul akibat kecerdasan evolusi

Ilustrasi rasa senang menyendiri (Unsplash/Rifky Nur Setyadi)

Orang yang cerdas biasanya menginginkan pertemanan yang berkualitas. Sehingga, tak jarang orang cerdas terlihat lebih selektif dalam berteman atau bahkan lebih senang menyendiri.

Kendati demikian, menurut dua peneliti yaitu Normal Li dari School of Social Sciences, Singapore Management University, dan Satoshi Kanazawa di London School of Economic and Political Science, Inggris, kecerdasan evolusi menjadi dasar munculnya rasa senang untuk menyendiri.

“Analisis data ini mengungkapkan bahwa berada di sekitar kerumunan orang yang padat biasanya menyebabkan ketidakbahagiaan, sementara bersosialisasi dengan teman biasanya mengarah pada kebahagiaan—yaitu, kecuali orang tersebut sangat cerdas,” tulis para peneliti.

Individu cerdas lebih mementingkan bersosialisasi dari persahabatan

Ilustrasi (Unsplash/Geoffroy Hauwen)

Ketika memiliki suatu sirkel pertemanan, mereka cenderung hanya bergaul dengan segerombolan yang itu-itu saja. Sementara itu, orang cerdas akan mengesampingkan hal itu.

Menurut para peneliti, orang yang cerdas condong mengesampingkan sirkel pertemanan dan lebih memilih bersosialisasi lebih sering daripada orang yang cerdas.

Sehingga, wajar saja orang cerdas lebih memilih senang menyendiri karena terkadang sangat sedikit orang yang bisa berbagi dengan apa yang dirinya ketahui. Menurutnya, persahabatan yang baik bukanlah tentang kuantitas melainkan kuantitas.

Continue Reading

Featured

Rekomendasi Buku Self Improvement untuk Hadapi Kegalauan dalam Hidup

Published

on

By

Rekomendasi buku self improvement

Kegalauan adalah hal yang manusiawi. Siapa pun pasti pernah merasakan ketidakpastian dan merasa galau karenanya. Kadang untuk menghadapinya, yang kita perlukan adalah buku. Ini adalah rekomendasi buku self improvement yang bisa membantu Anda menghadapi kegalauan dalam hidup.

Entah karena merasa hidup tidak sempurna atau kisah cinta, pada suatu waktu dalam hidup kita pasti akan menghadapi situasi ini.

Bagaimanapun, yang dirasakan oleh kita pada saat galau adalah suatu hal yang sementara, namun hidup akan tetap berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Yang bisa dilakukan dalam periode ini adalah meningkatkan kualitas diri, atau self improvement. Buku-buku yang akan dibahas di sini bisa membantu Anda untuk meraihnya.

Baca Juga:

3 Rekomendasi Buku Self Improvement

1. Filosofi Teras oleh Henry Manampiring

Filosofi Teras (Image: Gramedia)

Jika mendengar kata filosofi atau filsafat, kita kadang sudah merasa ruwet duluan. Namun tenang saja, Henry Manampiring adalah seorang praktisi periklanan dan komunikasi, bukan seorang filsuf.

Dia memahami filsafat Stoikisme dan menyajikannya dalam buku Filosofi Teras dalam bahasa yang bisa dengan mudah dipahami oleh masyarakat pada umumnya.

Ini adalah buku yang bisa mengasah mental untuk para Milenial dan Gen Z yang sedang mengalami berbagai masalah sehari-hari dalam kehidupan.

2. Berani Tidak Disukai oleh Ichiro Kishimi dan Fumitake Koga

Berani TIdak Disukai (Image: Gramedia)

Ini adalah buku keluaran Jepang yang menyebarkan ajaran seorang psikolog asal Austria bernama Alfred Adler yang membahas tentang fenomena modern di Jepang semacam mengisolasi diri di kamar.

Terisolasi pada usia dewasa adalah fenomena global, tak hanya di Jepang. Buku Berani Tidak Disukai merupakan tentang cara kita mencintai diri sendiri dengan tujuan untuk meraih kebahagiaan.

Seperti judulnya, sering kali kita mengabaikan apa yang diinginkan oleh diri sendiri karena mendengarkan apa kata orang. Berani Tidak Disukai adalah tentang menjadi diri sendiri.

3. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat oleh Mark Manson

Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat (Image: Gramedia)

Buku yang bisa memberi dampak ajaib bagi para pembacanya. Mark Manson membantu menyadarkan pembacanya agar tidak terlalu memikirkan banyak hal secara berlebihan. Bukankah overthinking adalah penyakit yang menjangkiti banyak anak muda di masa kini?

Sama halnya seperti Henry Manampiring, Manson mengambil pendekatan Stoikisme dalam buku ini. Filsafat namun tidak runyam untuk dikunyah.

Continue Reading

Trending