The Minions Kokoh Di Peringkat 1 Dunia selama 100 Pekan

The Minions Kokoh Di Peringkat 1 Dunia selama 100 Pekan

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon tetap berada di posisi ranking satu dunia selama 100 pekan beruntun.

Menurut federasi bulu tangkis dunia atau BWF, pasangan yang mimiliki julukan The Minions ini menempati posisi puncak ranking dunia untuk 100 pekan beruntun pada pekan ini. Kevin/Marcus sendiri mengantongi poin sebanyak 102.153.

Juara Indonesia Open 2019 ini, pertama kali menguasai lagi ranking 1 ganda putra pada 28 September 2017. Mereka menguasai ranking 1 dunia usai menjuarai Japan Open 2017 dengan mengalahkan Takuto Inoue/Yuki Kaneko di final. Minions merebut ranking 1 dunia dari tangan legenda ganda putra Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen.

Sementara penantang terdekat The Minions di posisi runner up adalah kompatriotnya sendiri di pelatnas PBSI yaitu Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan perolehan poin sebanyak 89.937.

The Daddies berhasil memperlebar selisih poin dengan pasangan ganda putra China, yakni Li Junhui / Liu Yuchen yang menempati posisi ke 3. Kini Hendra/Ahsan memiliki selisih diatas 5000 angka atas ganda putra terbaik dari Negeri Tirai Bambu tersebut.

Sektor ganda putra Indonesia sendiri masih memiliki satu wakil lainnya yang berada di posisi 20 besar dunia, yakni pasangan muda Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto. Fajar/Rian naik satu peringkat ke posisi enam dunia di bawah pasangan Jepang yakni Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

The Minions sendiri baru menelan hasil yang sangat mengecewakan dalam ajang Badminton World Championship 2019 di Basel, Swiss. Kevin/Marcus harus mengalami kekalahan di pertandingan pertama ketika menghadapi ganda putra Korea Selatan yakni Choi Sol gyu/Seo Seung Jae. Sedangkan dalam kejuaraan dunia badminton lalu, sektor ganda putra berhasil menyumbangkan medali emas melalui Hendra/Ahsan dan juga medali perunggu melalui Fajar/Rian.

Sementara itu di sektor lain, tunggal putra Indonesia Jonathan Christie masih berada di posisi ke 4 dunia, sedangkan Anthony SInisuka Ginting harus turun satu peringkat ke posisi ke 9.

Kemudian di partai tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung berhasil naik dua peringkat ke posisi 14. Sedangkan pasangan ganda putri Greysia Polli dan Apriyani Rahayu yang dalam kejuaraan dunia berhasil membawa pulang medali perunggu masih menempati posisi ke 5 dunia ranking BWF.

Lalu di nomor ganda campuran, ada pasangan Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavina dan juga Hafiz Faisal / Gloria Emanuelle Widjaja yang harus mengalami penurunan peringkat BWF. Praveen dan Melati kini berada di peringkat ke 7 dunia sedangkan untuk pasangan Hafiz dan Gloria kini bertengger di peringkat ke 10 dunia.