Transportasi Higienis dan Humanis Disiapkan Kemenhub untuk Sambut New Normal

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengaku sedang mempersiapkan konsep transportasi yang bersih dan humanis untuk menghadapi masa adaptasi new normal atau kenormalan baru. 

Transportasi Higienis dan Humanis Disiapkan Kemenhub untuk Sambut New Normal

Warta.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengaku sedang mempersiapkan konsep transportasi yang bersih dan humanis untuk menghadapi masa adaptasi new normal atau kenormalan baru. 

Budi menilai hal itu diperlukan agar aspek kesehatan dan ekonomi bisa berjalan bersamaan di tengah pandemi virus corona. 

"Dalam menghadapi adaptasi kebiasaan new normal, yang diutamakan adalah aspek kesehatan namun tanpa mengesampingkan aspek ekonomi. Untuk itu kita harus membangun transportasi yang lebih bersih, humanis dan less contact , yang memberikan solusi dan manfaat bagi rakyat banyak," kata Budi.

Budi mengungkapkan, transportasi publik kini harus berubah dengan mengutamakan aspek kesehatan dalam rangka mencegah penularan virus. 

Maka itu, para pengguna dan penyelenggara transportasi publik harus beradaptasi dengan kebiasaan baru dengan protokol yang berbasik pada kesehatan dan kebersihan serta physical distancing. 

"Misalnya, memakai masker dalam bertransportasi dan menjaga jarak nantinya akan menjadi hal yang biasa. ini akan menjadi kebiasaan baru dalam bertransportasi," ujar Budi

Selain itu, Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya akan mencari solusi bagi penyelenggara yang mengalami penurunan pendapatan di masa transisi ini. 

Sebab, di masa adaptasi ini penghasilan penyelenggaran transportasi akan berkurang karena adanya berbagai protokol kesehatan yang membuat pendapatan tak 100 persen terpenuhi. 

"Ini yang harus segera kita cari solusinya. pemerintah akan menambahkan subsidi atau mengupayakan kebijakan lainnya," ujarnya mengakhiri.